Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Penyebab Kucing Makan Terlalu Cepat dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 21/05/2022, 15:49 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing membutuhkan nutrisi atau makanan untuk tetap bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Namun, ketika sedang makan, Anda harus memperhatikan bagaimana cara makan kucing peliharaan.

Sama dengan manusia, kucing yang makan terlalu cepat dapat menghadapi sejumlah efek buruk dan memerlukan bantuan untuk memperlambatnya. 

Baca juga: Tanda-tanda Kucing Sedang Merasakan Sakit

Untuk mengatasi kucing pelihaaaan yamg makan terlalu cepat, ada beberapa trik yang dapat dilakukan

Dilansir dari Cuteness, Sabtu (21/5/2022), ada beberapa penyebab kucing makan dengan cepat, salah satunya sangat lapar.

Ini mungkin karena sahabat bulu tidak memiliki jadwal makan yang teratur, harus bersaing makan dengan kucing peliharaan lain di dalam rumah, atau dipaksa makan sebelum kucing lain melakukannya.

Alasan lain kucing makan terlalu cepat karena merasa bosan atau kurang terstimulasi secara mental. Kondidi ini tidak jarang terjadi pada kucing dalam ruangan dan kucing dewasa muda yang membutuhkan olahraga teratur. 

Baca juga: Tanda-tanda Kucing Sedang Merasakan Sakit

Efek samping makan cepat

Ilustrasi kucing makanUnsplash/Felice Wölke Ilustrasi kucing makan
Salah satu efek samping dari makan terlalu cepat yang dilakukan kucing adalah regurgitasi atau keadaan cairan yang naik ke lambung. Ini dapat terjadi saat kucing melahap makanannya sendiri.

"Muntah terjadi ketika refleks peregangan kucing di perut menjadi terpicu," jelas Bishop Ranch Veterinary Center.

Reaksi ini biasanya muncul sebagai potongan makanan yang tidak tercerna, sering kali berbentuk tabung atau bulat. Kucing diketahui sering memuntahkan makanan karena kebiasaan makannya yang tidak teratur. 

Baca juga: Alasan Kucing Suka Menjilati Cakarnya Sehabis Makan

Untuk itu, kucing peliharaan yang muntah secara teratur seperti lebih dari beberapa kali per bulan, perlu mendapat bantuan untuk memperlambat waktu makannnya.

Selain itu, makan terlalu cepat dapat merusak tubuh kucing secara permanen, terutama jika kucing menyukai makanan kering.

Makanan kering akan menyerap air setelah dikonsumsi yang dapat menyebabkannya mengembang di dalam sistem pencernaan kucing. 

Baca juga: 5 Tanda Sebaiknya Ganti Makanan Kucing 

Tips membantu kucing memperlambat kebiasaan makannya 

Terapkan pola makan yang benar untuk meredakan radang sendi pada kucingUnsplash/Abeer Zaki Terapkan pola makan yang benar untuk meredakan radang sendi pada kucing
Untuk membantu kucing memperlambat kebiasaan makannya, pemilik kucing dapat memulai dengan menerapkan waktu makan yang dijadwalkan dan mengurangi kecenderungan untuk memakan apa yang ada di depannya secepat mungkin. 

Permainan makanan juga dapat mencegah kucing makan terlalu cepat sambil juga menawarkan sedikit stimulasi mental dan fisik. 

Baca juga: Bolehkah Anjing Mengonsumsi Makanan Kucing?

Anda dapat mencoba menyembunyikan makanan atau camilan kucing di tempat yang mudah dijangkau di sekitar rumah agar kucing peliharaan dapat menemukannya sambil menstimulus kucing.

Untuk rumah dengan banyak hewan peliharaan, memberi makan kucing atau hewan peliharaan lain di ruangan terpisah dapat mencegah kucing makan dengan cepat atau kompulsif, terutama jika sahabat bulu ketahuan mencuri makanan dari mangkuk kucing lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Cuteness
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com