Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips agar Atap Rumah Lebih Tahan Lama yang Perlu Dicermati

Kompas.com - 25/10/2023, 15:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Atap menjadi bagian terpenting dari rumah yang membuat rumah tetap aman dan nyaman.

Selain interior rumah, atap juga menjadi bagian rumah yang perlu perawatan rutin. Dengan demikian, atap lebih tahan lama dan Anda tak perlu terlalu sering mengganti atap rumah.

Pasalnya, mengganti atap rumah membutuhkan biaya yang cukup mahal, sehingga lebih baik melakukan perawatan rutin dibandingkan mengganti atap secara keseluruhan.

Dilansir dari Homeserve, Rabu (25/10/2023), berikut ini beberapa tips agar atap rumah lebih tahan lama.

Baca juga: Tanda Kerusakan Atap Rumah Akibat Angin dan Cara Memperbaikinya

Bersihkan talang dengan rutin

Ilustrasi membersihkan talang air, ilustrasi talang air.Shutterstock/Radovan1 Ilustrasi membersihkan talang air, ilustrasi talang air.

Talang air berguna sebagai tempat mengalir airnya saat hujan turun. Seiring bertambahnya masa pakai, talang air akan kotor akibat penumpukan lumut, jamur, debu, atau dedaunan yang berjatuhan.

Kotoran tersebut akan membuat talang tersumbat dan menyebabkan aliran air terganggu. Air yang tidak bisa mengalir bisa masuk ke bagian atap dan menyebabkan atap rusak hingga menyebabkan kebocoran.

Cek atap secara berkala

Atap menjadi bagian rumah yang jarang diperhatikan. Padahal, bagian ini perlu rutin dicek untuk memastikan atap tetap terawat dan tidak rusak.

Baca juga: Kenali, Ini 7 Tanda Harus Renovasi Atap Rumah

Maka dari itu, mulai saat ini sebaiknya rutin untuk mengecek kondisi atap. Jika ditemukan kerusakan, maka segeralah untuk memperbaikinya sebelum kerusakan semakin parah.

Apabila Anda tidak memiliki kemampuan untuk memperbaiki atas, maka Anda bisa memanggil jasa profesional yang terbiasa mengecek dan memperbaiki atap rumah.

Pangkas cabang pohon yang mengenai atap

Tips agar atap rumah lebih tahan lama lainnya yaitu dengan rutin memangkas cabang pohon yang mengenai atap. Cabang pohon yang mengenai atap bisa menggores dan menimbulkan bentukan di atap.

Jika dibiarkan, maka atap akan rusak akibat cabang tersebut. Selain itu, cabang pohon juga bisa menjadi jalan hama masuk ke dalam rumah.

Saat musim hujan, cabang tersebut juga berisiko tumbang dan mengenai atap, sehingga berisiko merusak rumah. Oleh karena itu, penting untuk memangkas cabang pohon yang dekat dengan rumah.

Baca juga: Cara Menghilangkan Lumut dari Atap Rumah

Bersihkan atap

Tak hanya bagian talang, atap juga perlu rutin dibersihkan. Sebab, atap bisa dengan mudah ditumbuhi lumut dan jamur.

Apabila tidak rutin dibersihkan, jamur dan lumut tersebut bisa membuat atap mudah lapuk dan rusak. Untuk membersihkan atap, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring dan air. Kemudian, gosok perlahan sampai lumut dan jamur hilang.

Ilustrasi membersihkan atap rumah dengan pressure wash.Shutterstock/Skorzewiak Ilustrasi membersihkan atap rumah dengan pressure wash.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com