Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Barang Ini Harus Disingkirkan dari Dapur Minimalis, Kenapa?

Kompas.com - 17/10/2023, 14:30 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur minimalis biasanya memiliki ukuran terbatas sehingga membutuhkan desain tepat untuk memaksimalkan ruang.

Tadas Pukas, desainer interior asal Amerika Serikat (AS), mengatakan ruangan yang fungsional adalah kunci menciptakan dapur minimalis yang nyaman, sederhana, dan efisien.  

Baca juga: 7 Benda yang Harus Disingkirkan dari Dapur Minimalis, Apa Saja?

Karena itu, perlu menghindari dan menyingkirkan penggunaan barang-barang yang tidak perlu dan mengganggu aspek visual dapur minimalis.

Dengan mengurangi kebisingan visual dan menjaga lingkungan memasak yang tenang, dapat membantu Anda lebih fokus dan menikmati proses memasak.

Dikutip dari Homes and Gardens, Selasa (17/10/2023), ada lima barang yang harus disingkirkan dari dapur minimalis

Singkirkan peralatan dapur yang tidak terpakai

Ilustrasi dapur minimalis, Ilustrasi dapur modern.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi dapur minimalis, Ilustrasi dapur modern.
Karen Miller, pendiri Miller Design Group—perusahaan desain pencahayaan asal AS—mengatakan salah satu prinsip utama desain minimalis adalah kesederhanaan sehingga penting hanya memiliki barang-barang yang dibutuhkan dan gunakan secara teratur. 

Jika memiliki peralatan dapur yang sudah tidak digunakan, pertimbangkan menyingkirkannya atau menyimpan di tempat lain. Sebab, peralatan dapur yang tidak terpakai hanya akan menimbulkan kekacauan dan membuat dapur terlihat berantakan. 

Baca juga: 8 Ide Desain Dapur Minimalis, Tidak Harus Putih dan Tanpa Tekstur

Rak terbuka

Rak terbuka dapat menjadi elemen menarik dalam desain dapur, tetapi ini menjadi barang yang harus disingkirkan dari dapur minimalis karena dapat menyebabkan kekacauan visual jika tidak dirancang dengan hati-hati.

Richard Davenport, Direktur Pelaksana di Davonport—produsen peralatan dapur asal Inggris—mengatakan dapur minimalis sangat jarang menampilkan rak terbuka karena dapat menciptakan kesan yang terasa berantakan dan menghilangkan desain dapur minimalis.

Jika ingin tetap menggunakan rak terbuka di dapur minimalis, penting memilih barang-barang yang tepat disimpan di rak serta menatanya dengan rapi dan terorganisir. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Mendekorasi Dapur Minimalis

Barang dekoratif yang berlebihan

Barang yang berlebihan dapat membuat dapur terlihat berantakan dan tidak fungsional. Miller mengatakan, dapur minimalis biasanya memilih satu dekorasi yang menarik, seperti karya seni kontemporer, daripada berbagai barang dekoratif yang menciptakan kekacauan visual.

Dengan memilih dekorasi secukupnya, dapat menciptakan dapur minimalis yang rapi dan bersih. 

Peralatan masak yang tidak cocok

Ilustrasi meja makan di dapur minimalis. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi meja makan di dapur minimalis.
Peralatan masak yang tidak cocok juga menjadi barang yang harus disingkirkan dari dapur minimalis. Untuk menciptakan dapur minimalis perlu menghindari peralatan masak yang tidak cocok, seperti peralatan masak dalam berbagai desain di dapurnya.

Artem Kropovinsky, Desainer Interior dan Pendiri Arsight—studio desain interior asal AS—mengatakan dapur minimalis menggunakan peralatan masak dengan desain senada karena kekompakan adalah kuncinya. 

Baca juga: 9 Cara Mendesain Dapur Minimalis Menurut Desainer Interior

Laci dan lemari yang tidak terorganisir

Terakhir, barang yang harus disingkirkan dari dapur minimalis adalah laci dan lemari yang tidak terorganisir. Dapur minimalis mengutamakan penyimpanan yang rapi dan terorganisir.

Laci dan lemari yang tidak terorganisir dapat membuat dapur terlihat berantakan serta tidak fungsional.

Kropovinsky mengatakan setiap barang mempunyai tempat penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga penting menatanya dengan baik.

Dengan memilih penyimpanan yang rapi dan terorganisir, dapat menciptakan dapur minimalis yang rapi dan bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com