Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Merenovasi Dapur agar Memberikan Suasana Baru

Kompas.com - 15/10/2023, 16:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.comDapur menjadi salah satu area di dalam rumah yang tidak boleh diabaikan. Dapur yang bersih dan cantik akan membuat kita nyaman saat menggunakannya.

Maka dari itu, dapur harus di desain dengan apik. Sama seperti bagian dari rumah lainnya, desain dapur juga bisa diubah secara berkala.

Merenovasi dapur akan memberikan suasana yang berbeda di ruangan tersebut. Selain itu, renovasi juga akan membuat dapur lebih cantik.

Baca juga: Ingin Merenovasi Dapur? Ketahui Dulu 5 Hal Ini

Anda bisa melakukan renovasi kecil secara berkala pada area dapur. Dilansir dari The Spruce, Minggu (15/10/2023), berikut ini ide merenovasi dapur untuk memberikan suasana yang berbeda.

Melakukan pengecatan ulang

Ilustrasi mengecat dapurShutterstock/Benoit Daoust Ilustrasi mengecat dapur

Salah satu cara merenovasi dapur yang paling mudah yaitu dengan melakukan pengecatan ulang. Warna akan membuat ruangan lebih hidup dan menyenangkan.

Anda bisa memilih warna dapur yang netral dan cantik. Selain itu, Anda bisa juga bisa memilih warna dapur berdasarkan feng shui agar suasana tetap sejuk, santai, dan netral.

Memperbarui lemari dapur

Memperbarui lemari dapur tidak selalu berarti mengganti dengan lemari yang baru. Cara memperbarui lemari dapur yang paling mudah dan murah yaitu dengan mengecat lemari tersebut.

Baca juga: 7 Tips Memilih Lemari Dapur Menurut Desainer

Warna dapur bisa disesuaikan dengan konsep dapur. Anda juga bisa melapisi lemari dapur dengan veneer kayu yang membuat tampilannya semakin estetik.

Pasang backsplash yang menarik

Ide merenovasi dapur lainnya yaitu dengan memasang backsplash yang menarik. Backsplash biasanya dipasang di area kompor.

Selain membuat tampilan dapur lebih menarik, backsplash juga berguna untuk mencegah dinding kotor akibat cipratan minyak atau noda makanan.

Backsplash bisa terbuat dari ubin keramik atau jenis ubin lainnya. Material tersebut akan membuat tampilan dapur lebih menarik. Material backsplash juga mudah dibersihkan, sehingga dapur selalu bersih dan rapi.

Baca juga: 6 Backsplash Dapur yang Dapat Mempercantik Ruangan

Pasang meja kuasa yang cantik

Meja kuarsa merupakan jenis meja terbaik yang bisa ditempatkan di dapur. Kuarsa merupakan material yang terbuat dari mineral dan resin.

Tampilan meja kuarsa seperti batu alam, namun lebih keras dibandingkan batu alam. Selain itu, meja kuarsa juga kedap air dan tidak mudah tergores. Permukaan meja kuarsa yang cantik akan membuat dapur terlihat menarik dan mahal.

Ilustrasi penggunaan lampu gantung di dapurSHUTTERSTOCK/SERGHEI STARUS Ilustrasi penggunaan lampu gantung di dapur

Tambahkan lampu

Mengatur pencahayaan akan membuat dapur terlihat berbeda. Selain itu, pencahayaan juga bisa memberikan kesan dapur lebih luas.

Untuk menambahkan cahaya di dapur, Anda bisa memasang lampu gantung. Lampu ini bisa membuat dapur lebih terang dan cantik.

Baca juga: Tips Memilih Ukuran Lampu Gantung yang Tepat untuk Setiap Ruangan

Buat dapur lebih terbuka

Jika dapur Anda berdiding kotak, maka pertimbangkaan untuk melepas salah satu dinding agar dapur menyatu dengan ruangan lain.

Melepaskan salah satu dinding akan membuat dapur lebih luas dan terbuka. Namun, kegiatan renovasi ini perlu dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah profesional.

Itulah beberapa ide merenovasi dapur yang memberikan suasana baru pada ruangan tersebut. Kegiatan renovasi bisa dilakukan secara berkala agar area dapur tidak terasa membosankan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com