Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kesalahan Merenovasi Dapur yang Sering Dilakukan Pemilik Rumah

Kompas.com - 18/07/2023, 07:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah. Tak heran, banyak pemilik rumah menginginkan dapur berfungsi baik.

Jika saat ini tidak demikian, Anda perlu mempertimbangkan merenovasi dapur. Meski renovasi dapur biasanya memakan biaya cukup besar, ini bisa menjadi investasi yang dapat bertahan hingga bertahun-tahun ke depan, bahkan meningkatkan nilai rumah secara keseluruhan. 

Baca juga: Ingin Membasmi Tikus dari Dapur? Ketahui Hal Ini Dulu

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai proyek merenovasi dapur, seperti berapa anggaran dan apa yang Anda inginkan dari dapur.

Jika tidak, Anda akan membuat beberapa kesalahan umum dalam merenovasi dapur. Dikutip dari, Martha Stewart, Selasa (18/7/2023), berikut sejumlah kesalahan merenovasi dapur yang sering dilakukan pemilik rumah.

Melupakan anggaran 

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/C Woods Photography Ilustrasi dapur putih.
Hal pertama yang harus dilakukan dalam proyek renovasi, termasuk merenovasi dapur, adalah membuat anggaran.

Tentukan fitur dapur yang paling penting. Sediakan lebih banyak ruang kabinet dan laci, kitchen island, dapur khusus untuk makanan, dan pencahayaan tambahan serta alokasikan keuangan dengan tepat.

Saat bekerja, teruslah mengacu pada anggaran untuk memastikan Anda tetap berada di jalur yang tepat untuk setiap tugas renovasi.  

Baca juga: 7 Benda yang Harus Disingkirkan dari Dapur Minimalis, Apa Saja?

Tidak menginventarisasi dapur 

Selanjutnya, kesalahan merenovasi dapur yang sering dilakukan pemilik rumah adalah tidak menginventarisasi dapur. 

Mengambil inventaris dapur saat ini secara mendetail akan membantu Anda memahami apa yang ingin didapatkan dari merenovasi dapur.

Apa saja peralatan yang paling sering Anda gunakan? Seperti apa arus lalu lintas dapur saat ini? Bagaimana Anda dapat membuat denah dapur lebih efisien?

"Semakin baik mereka menyelesaikan tugas inventaris, semakin baik kita dapat merancang bagaimana sebuah keluarga benar-benar berfungsi di dapur mereka," kata Liz MacPhail, pendiri dan desainer utama di Liz MacPhail Interiors.

Baca juga: Ragam Alasan Kucing Melompat ke Meja Dapur dan Cara Menghentikannya

Tidak melapisi pencahayaan

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/New Africa Ilustrasi dapur putih.
Pencahayaan adalah salah satu aspek dalam merombak dapur yang tidak boleh diabaikan. Sayangnya, ini menjadi kesalahan merenovasi dapur yang sering dilakukan pemilik rumah. 

Menurut Bryan Johnson, CEO Shades of Light, dapur adalah ruangan multifungsi yang membutuhkan pencahayaan untuk memenuhi tuntutan berbagai kegunaan, tapi tetap terlihat tajam dan bergaya. 

"Untuk menerangi dapur secara efektif, pertimbangkan tiga lapisan pencahayaan dan pilih beberapa lampu yang masing-masing memenuhi tujuan berbeda."

Pencahayaan ambient 

Pencahayaan ambient membawa kecerahan yang tersebar ke seluruh dapur dan digunakan untuk membuat rumah terasa lebih hangat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com