Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Merenovasi Dapur? Ketahui Dulu 5 Hal Ini

Kompas.com - 07/12/2022, 14:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merenovasi dapur menjadi kesempatan bagus untuk menciptakan ruang memasak yang sesuai impian, bergaya, nyaman, sekaligus fungsional. 

Bahkan, merenovasi dapur juga dapat meningkatkan nilai jual rumah kembali ke depannya. Namun, sebelum melakukan perombakan, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan agar sesuai dengan kebutuhan serta gaya hidup Anda. 

Baca juga: 4 Trik Penyimpanan Barang di Ruang Dapur yang Sempit

Paling penting menghindari kesalahan yang dapat menghambat proses renovasi dapur

Nah, berikut hal-hal yang perlu diketahui sebelum merenovasi dapur dilansir dari My Decorative, Rabu (7/12/2022). 

Tempat duduk yang luas

Ilustrasi dapur bergaya mewah, ilustrasi dapur putih, Ilustrasi kitchen island.Unsplash/Zac Gudakov Ilustrasi dapur bergaya mewah, ilustrasi dapur putih, Ilustrasi kitchen island.
Dapur biasanya menjadi pusat aktivitas di rumah. Selain memasak, dapur juga menjadi ruang berkumpul dan bersantai. 

Setiap orang cenderung menghabiskan waktu di sekitar kitchen island atau meja makan, entah menikmati makanan dan minuman hingga mengerjakan pekerjaan. 

Pastikan memiliki ruang untuk semua orang sebelum memulai perubahan dapur. Meja makan harus cukup luas untuk Anda mengerjakan proyek pribadi dan anak-anak menyelesaikan tugas sekolah mereka. 

Baca juga: Barang yang Boleh dan Harus Disingkirkan dari Bawah Wastafel Dapur 

Elektronik dan teknologi

Dapur merangkul teknologi. Anda dapat membeli kulkas yang dilengkapi layar dan oven yang dapat dikendalikan oleh aplikasi.

Pikirkan tentang bagaimana setiap fitur dapat membuat penggunaannya lebih nyaman bagi Anda. Selain itu, ini juga membantu memanfaatkan waktu memasak sebaik-baiknya.

Kompor gas atau induksi

Ilustrasi kompor induksi, memasak dengan kompor induksi. SHUTTERSTOCK/EKATERINA BRATOVA Ilustrasi kompor induksi, memasak dengan kompor induksi.
Meski banyak yang bersikeras menggunakan kompor gas, kompor induksi adalah pilihan  sangat baik untuk proyek renovasi dapur.

Namun, kompor induksi membutuhkan lebih banyak perawatan daripada kompor gas karena sebagian besar kompor induksi berhenti bekerja setelah terkena tumpahan air di atasnya. Namun, pada akhirnya, hal itu akan bergantung pada kebutuhan Anda. 

Baca juga: 3 Warna Dapur yang Bakal Ketinggalan Zaman pada 2023 

Lantai

Pastikan lantai baru yang digunakan di dapur cukup kokoh menahan tekanan sehari-hari, baik memilih keramik, kayu keras, bahkan vinil.

Selain itu, jika ingin meletakkan lantai baru di atas lantai lama, pastikan lantainya rata sehingga produk jadi mulus. 

Baca juga: Cara Mendesain Dapur Kecil Menjadi Lebih Terlihat Besar

Anggaran

Menetapkan anggaran sebelum merenovasi dapur adalah cara terbaik untuk memastikan anggaran tidak membengkak selama berjalan alias sesuai bujet. 

Tentukan anggaran yang Anda inginkan dan kelonggaran yang harus Anda lewati di atasnya. Anda bahkan dapat menghemat biaya pekerjaan renovasi Anda dengan cara ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com