Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Warna Pintu Depan Rumah yang Membawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Kompas.com - 05/10/2023, 17:27 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Pintu depan rumah yang berwarna cerah dan menawan dapat membuat kesan pertama yang menarik bagi para tamu yang berkunjung ke rumah Anda. 

Menurut feng shui, warna pintu depan rumah diyakini dapat mempengaruhi keberuntungan setiap penghuninya. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Pintu Depan Rumah

Victor Cheung, pendiri Feng Shui Nexus asal Amerika Serikat mengatakan ada beberapa warna yang dianggap membawa sial karena dapat mengganggu aliran energi positif atau qi di dalam ruangan. 

Meski banyak orang mungkin tidak percaya pada warna keberuntungan, hal ini sebenarnya dapat digunakan sebagai referensi warna cat yang akan digunakan guna menciptakan kesan pada pintu masuk rumah yang baik dan ramah.

Dilansir dari Living Etc, Kamis (5/10/2023), berikut tiga warna pintu depan rumah yang dapat membawa keberuntungan menurut feng shui. 

Baca juga: Pilihan Warna Pintu Depan Rumah yang Tepat Menurut Feng Shui

Merah

Pintu depan rumah yang diaplikasikan cat berwarna merahShutterstock Pintu depan rumah yang diaplikasikan cat berwarna merah
Merah merupakan warna keberuntungan dalam feng shui. Merah melambangkan kesuksesan, kemakmuran, dan perlindungan.

Selain itu, merah adalah warna yang sangat kuat dan dapat menstimulasi sehingga sebaiknya digunakan dalam dosis kecil untuk pintu depan rumah. 

Olivia Kensington, pakar feng shui asal Inggris, mengatakan merah adalah warna transformatif yang dapat mengalihkan energi dengan cepat serta melindungi dan mengisi energi rumah.

Jika ingin menambahkan sentuhan keberuntungan ke pintu depan rumah, mengecat seluruh pintu dengan merah atau menambahkan elemen merah pada kenop pintu atau gagang.

Baca juga: 4 Cara Memilih Warna Pintu Depan Rumah yang Tepat 

Hijau

Selanjutnya, warna pintu depan rumah yang dapat membawa keberuntungan menurut feng shui. adalah hijau.

Anjie Cho, penulis buku Mindful Homes dan Pendidik Feng Shui asal Amerika Serikat, mengatakan hijau dapat mendatangkan energi dan qi baru yang membantu Anda terhubung dengan alam serta kehidupan yang lebih baik.

Selain itu, hijau juga dapat mendorong pertumbuhan dan kesuksesan. Hijau merupakan warna yang alami dan menenangkan, yang dapat membuat pintu depan rumah terasa lebih mengundang.

Jika mencari warna pintu depan rumah yang beruntung dan menenangkan, hijau adalah pilihan tepat. Gunakan warna hijau solid atau menambahkan aksen hijau pada pintu depan di rumah, seperti tanaman atau bunga. 

Baca juga: Demi Bawa Hoki, 3 Hal Ini Tidak Boleh Terlihat dari Pintu Depan Rumah

Hitam

Ilustrasi pintu depan rumah berwarna hitam.PIXABAY/Antranias Ilustrasi pintu depan rumah berwarna hitam.
Terakhir, warna pintu depan rumah yang dapat mengundang keberuntungan menurut feng shui adalah hitam.

Meski sering dianggap sebagai warna yang tidak beruntung, dalam feng shui, hitam sebenarnya dianggap sebagai warna yang menyeimbangkan dan menenangkan.

Kensington mengatakan hitam melambangkan kebijaksanaan, kedewasaan, penyembuhan, serta membuat pintu depan rumah terlihat lebih elegan juga berkelas.

Anda dapat menggunakan hitam solid di pintu depan rumah atau menambahkan kesan dekoratif seperti hiasan atau furnitur lain yang berwarna hitam di pintu. 

Anda memang tidak harus percaya saran yang diberikan feng shui untuk memilih warna pintu depan rumah yang beruntung.

Jika menyukai warna tertentu, tidak apa-apa memilihnya sesuai selera. Namun, apabila ingin menciptakan pintu masuk rumah yang mengundang dan ramah, memilih warna beruntung bisa menjadi pilihan bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com