Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Gunakan, Ini 5 Warna yang Memberikan Kesan Tidak Bahagia

Kompas.com - 03/10/2023, 16:55 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Selain membuat rumah lebih cantik, pemilihan warna yang tepat juga bisa membuat suasana hari lebih bahagia.

Saat hati bahagia, maka produktivitas akan meningkat dan Anda merasa nyaman berada di dalam rumah. Namun, tahukah Anda kalau ternyata ada beberapa warna yang bisa memberikan kesan tidak menyenangkan.

Desainer Kati Curtis mengatakan bawah wanra memiliki dampak besar pada emosi dan suasana hati. Dalam hal desain interior, skema warna yang monoton bisa membuat rumah terasa tidak bahagia dan membosankan.

Baca juga: 6 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Warna Merah

Dilansir dari Homes & Gardens, Selasa (3/10/2023), berikut ini beberapa warna yang memberikan kesan tidak bahagia dan sebaiknya dihindari.

1. Abu-abu

Ilustrasi dinding warna abu-abuSHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi dinding warna abu-abu

Warna abu-abu sebaiknya tidak digunakan untuk mendekorasi rumah. Sebab warna ini terlihat membosankan dan tidak menarik.

Abu-abu juga membuat ruangan terasa gelap dan dingin. Selain itu, warna abu-abu juga memberikan kesan kurang bersemangat.

2. Warna yang terlalu jenuh

Meski banyak disukai, namun warna seperti kuning dan merah muda sebaiknya tidak digunakan pada ruang tamu karena bisa memberikan kesan tidak bahagia.

Baca juga: 6 Warna Cat yang Akan Ketinggalan Zaman pada 2024

Tash Bradley direktur desain interior dan psikolog warna di studio desain Lick mengatakan bahwa warna-warna cerah bisa membuat Anda merasa cemas dan mudah marah.

Jika Anda menyukai cerah warna, maka pastikan prosinya tepat. Jangan berlebihan dalam menghadirkan salah satu warna cerah. Kombinasikan juga dengan warna netral dan lembut.

3. Coklat

Beberapa waktu terakhir, coklat muncul dalam daftar warna yang disukai. Namun, menggunakan warna coklat di dalam rumah ternyata bisa memberikan kesan suram.

Desainer Jennifer Davis mengatakan bahwa warna gelap dan suram seperti abu-abu dan coklat lumpur bisa menciptakan suasana tidak menyenangkan dan membuat ruangan terasa sesak.

Jika tetap ingin menggunakan warna coklat, maka pencahayaan harus dilakukan dengan tepat. Warna gelap ini lebih cocok pada ruangan kecil dan mendapatkan banyak cahaya.

Kombinasikan juga warna coklat gelap dengan warna netral yang lebih terang, semburat hijau, atau kuning agar terlihat lebih seimbang.

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Membuat Bahagia, Apa Saja?

Ilustrasi ruang keluarga dengan gaya gotik atau berwarna hitam.Shutterstock/Followtheflow Ilustrasi ruang keluarga dengan gaya gotik atau berwarna hitam.

4. Hijau zaitun

Hijau zaitun juga menjadi salah satu warna yang memberikan kesan tidak bahagia. Warna ini akan membuat ruangan terasa tidak nyaman dan menimbulkan kesan suram.

Apabila warna hijau digunakan untuk mendekor ruangan, maka sebaiknya berikan cahaya yang tepat dan terang.

5. Hitam

Ruangan yang dicat dengan warna hitam bisa membuat Anda tidak bahagia. Sebab, warna ini dapat membuat ruangan seperti gua.

Warna hitam bisa menyerap cahaya dan membuat ruangan tidak terang. Kesan suram juga sangat terasa saat berada di ruangan berwarna hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com