Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2023, 16:45 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Agas merupakan serangga kecil yang sering ditemukan di rumah, terutama di tempat lembap dan gelap.

Agas memiliki ukuran sekitar satu sampai dua milimeter, berwarna hitam atau cokelat, dan memiliki sayap pendek. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah dan Membasmi Agas Jamur dari Tanaman

Serangga kecil ini dapat mengganggu kenyamanan serta menggigit yang dapat menyebabkan gatal, bengkak, dan iritasi kulit. 

Jika menemukan agas di rumah, penting segera mengatasinya. Namun, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa serangga kecil ini bersarang di rumah.

Matt Kunz, Presiden dari Mr Rooter Plumbing—sebuah perusahaan pembersih pipa dan saluran air perumahan asal Texas—mengatakan agas dapat dengan mudah mengakses interior rumah.

Agas biasanya memasuki rumah melalui jendela dan pintu yang terbuka. Serangga ini juga tertarik pada kelembapan, seperti keran air yang bocor, area lembap, tanaman dalam pot yang tergenang air, dan tempat sampah yang tidak berpenutup, terutama jika tempat sampah  berisi makanan atau sampah organik. 

Baca juga: 5 Cara Membasmi Hama Agas pada Tanaman Dalam Ruangan

Mengapa agas berkembang biak dengan cepat?

Agas berkembang biak dengan cepat karena memiliki siklus hidup yang singkat. Siklus hidup agas terbagi menjadi empat tahap, yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa.

Pupa agas akan menetas menjadi dewasa dalam waktu dua sampai tiga hari. Agas dewasa akan hidup selama satu sampai dua minggu.

Scot Hodges, Wakil Presiden Profesional Pengembangan dan Layanan Teknis di Arrow Exterminators—layanan pengendalian hama asal Georgia—mengatakan jika ada sumber makanan dan tempat berkembang biak yang tersedia, agas dapat berkembang biak dengan cepat serta membentuk populasi besar dalam waktu singkat. 

Baca juga: Kenapa Agas Jamur pada Tanaman Harus Dibasmi?

Jenis-jenis agas 

Ilustrasi membasmi agas atau lalat buah dengan perekat. Shutterstock/Amelia Martin Ilustrasi membasmi agas atau lalat buah dengan perekat.
Ada banyak jenis agas yang muncul di rumah. Dikutip dari Homes and Gardens, Jumat (20/9/2023), berikut sejumlah jenis agas. 

  • Agas buah

Agas buah merupakan jenis agas yang paling umum. Agas ini biasanya ditemukan di sekitar buah-buahan dan sayuran yang matang, terutama yang sudah busuk. Larva agas akan memakan buah-buahan dan sayuran tersebut.

  • Agas jamur

Agas jamur merupakan jenis agas yang ditemukan di sekitar tanaman dan area lembap. Agar jamur biasanya memakan jamur yang tumbuh di tanah dan akar tanaman.  

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membasmi Hama Agas Jamur pada Tanaman

Cara membasmi agas di rumah

  • Temukan dan hilangkan tempat berkembang biak agas

Agas tertarik pada sumber makanan dan tempat berkembang biak yang lembap dan hangat sehingga penting menemukan serta menghilangkan sumber-sumber ini dari rumah Anda.

1. Buanglah semua buah-buahan dan sayuran yang busuk.

2. Tutup tempat sampah dengan rapat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com