Kompas.com - 28/11/2021, 07:56 WIB
Ilustrasi membasmi hama agas jamur pada tanaman. SHUTTERSTOCK/PIXELBENDER36Ilustrasi membasmi hama agas jamur pada tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Agas jamur atau lalat sciarid adalah salah satu hama tanaman hias. Meskipun menyebabkan kerusakan minimal atau tidak sama sekali, tetap saja agas jamur merupakan hama tanaman.

Lalat hitam kecil ini berkembang biak dari alga, jamur, dan akar tanaman tanaman dalam ruangan, itulah sebabnya mereka dikaitkan dengan tanaman hias. Membasmi agas jamur sangat mudah dan ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Dikutip dari Express UK, Minggu (28/11/2021), pertama, Anda perlu mengidentifikasi apakah lalat tersebut adalah lalat agas jamur.

Baca juga: Cara Menggunakan Sabut Baja untuk Mencegah Hama Masuk ke Rumah

Ilustrasi hama agas jamur. SHUTTERSTOCK/TOMASZ KLEJDYSZ Ilustrasi hama agas jamur.

Agas jamur berukuran kecil, berwarna hitam, dan cenderung terbang di sekitar tanaman hias. Agas jamur menetap di daun tanaman dan di kompos tanaman hias indoor.

Banyak orang salah mengira agas jamur sebagai lalat buah, tetapi Anda dapat membedakannya karena agas jamur akan menempel pada tanaman hias.

Agas jamur benar-benar tidak berbahaya bagi manusia, tidak menggigit atau membawa penyakit, tetapi dapat menyebabkan segala macam masalah bagi tanaman hias.

Cara membasmi agas jamur pada tanaman

1. Kurangi frekuensi menyiram tanaman

Salah satu cara mudah untuk mengusir agas jamur adalah dengan mengurangi penyiraman tanaman. Agas jamur membutuhkan kompos basah untuk bertahan hidup karena di sinilah dua sumber makanan utama mereka, serta alga dan jamur.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Daftar Hama Paling Berbahaya Bagi Tanaman

Jika Anda membiarkan kompos mengering, agas jamur akan segera pergi. Akan tetapi, berhati-hatilah agar tidak merusak tanaman dalam prosesnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Express
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.