Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Pintu Depan Rumah

Kompas.com - 26/09/2023, 18:42 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih pintu eksterior atau pintu depan rumah yang tepat dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi rumah daripada sekadar mengizinkan tamu masuk.

Pintu eksterior menambah daya tarik pada bagian depan rumah serta menjaga hunian tetap terlindungi. Ada beberapa pintu masuk luar ruangan yang membutuhkan jenis pintu tertentu (teras, beranda, dann garasi) dan dibagi lagi menjadi berbagai gaya. 

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Pintu Kulkas yang Tidak Menutup Rapat

Lantas, bagaimana menemukan pintu depan rumah tepat?

Ada berbagai material, gaya, dan biaya yang perlu dipertimbangkan untuk memilih pintu depan rumah yang baru. 

Chris Smith, CEO/penjual Keith Smith Construction—sebuah perusahaan pembangunan dan renovasi rumah di Stokesdale, North Carolina, Amerika Serikat—mengatakan tempat pertama memulai saat memilih pintu eksterior adalah mempertimbangkan letaknya di rumah. 

"Lokasi ke mana pintu itu akan pergi menentukan pintu eksterior yang tepat untuk digunakan," katanya.

Pintu ekterior rumah mengalami banyak keausan selama bertahun-tahun yang merusak penampilan dan fungsinya. Jika pintu eksterior saat ini mengalami kerusakan atau tidak lagi sesuai dengan gaya Anda, inilah saatnya membeli yang baru.

Membeli pintu depan rumah yang baru tidak boleh terburu-buru karena ini adalah investasi besar, jadi penting meluangkan waktu memilihnya.  

Nah, dikutip dari The Spruce, Selasa (26/9/2023), berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli pintu depan rumah yang baru. 

Baca juga: Hinsari, Ini 5 Kesalahan Menata Pintu Masuk Rumah Menurut Feng Shui

Bahan

Ilustrasi pintu depan rumah berwarna putih dengan kombinasi beige.Shutterstock/David Papazian Ilustrasi pintu depan rumah berwarna putih dengan kombinasi beige.
Bahan pintu depan rumah adalah komponen kunci memilih pintu eksterior yang tepat untuk keamanan, daya tahan, dan insulasi.

Insulasi bertanggung jawab mengatur suhu di dalam rumah sepanjang tahun dan beberapa bahan lebih baik dalam hal ini daripada yang lain.

Pintu fiberglass cenderung lebih hemat energi karena dibuat dengan inti yang lebih baik dalam hal transfer energi.

Jika daya tahan dan keamanan adalah masalah utama Anda, pintu baja akan menjadi pilihan terbaik karena lebih kuat dari kayu dan fiberglass. 

Baca juga: Demi Bawa Hoki, 3 Hal Ini Tidak Boleh Terlihat dari Pintu Depan Rumah

Untuk pintu yang menyenangkan secara estetika, Anda pasti ingin menggunakan kayu. Bahan pintu berdampak signifikan terhadap biaya keseluruhan.

Pintu kayu sering kali menjadi pilihan paling populer karena estetikanya yang menyenangkan, tapi Smith mengatakan ini adalah pilihan termahal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com