Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Daun Sukulen Menguning dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 30/08/2023, 21:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sukulen merupakan salah satu tanaman hias yang banyak disukai. Selain karena penampilannya yang cantik, perawatan sukulen juga tidak sulit.

Bahkan, tanaman hias ini bisa diletakkan di dalam ruangan. Meskipun demikian, dalam penanaman sukulen seringkali ada masalah yang muncul.

Salah satunya yaitu daun sukulen yang menguning atau layu. Lantas, apa penyebab daun sukulen menguning? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Ingin Menyiram Tanaman Sukulen? Perhatikan Hal Ini Dulu

Mengapa daun sukulen menguning?

Dilansir dari House Digest, Rabu (30/8/2023), daun sukulen menguning karena terdapat masalah penyiraman, baik penyiraman berlebih atau kekurangan. Saat tanaman sukulen mendapatkan terlalu banyak air, maka daunnya akan menguning dan teksturnya menjadi lembek.

Ilustrasi tanaman kaktus dan sukulen.UNSPLASH/ANGELE KAMP Ilustrasi tanaman kaktus dan sukulen.

Lama kelamaan daun tersebut akan membusuk. Pertumbuhan tanaman pun menjadi terhambat karena tanaman kehilangan banyak daun. Jika tidak segera diatasi, maka tanaman akan rentan terhadap serangan hama maupun penyakit, hingga mengakibatkan kematian.

Selain karena kelebihan air, kekurangan air juga bisa mengakibatkan daun sukulen menguning. Sebelum menguning, daun akan berubah menjadi keriput terlebih dahulu.

Seiring berjalannya waktu, daun akan menguning dari ujung hingga ke pangkal. Hal ini juga bisa mengakibatkan pertumbuhan tanaman terlambat atau terhenti dan ukuran tanaman menjadi lebih kecil dibandingkan tanaman yang mendapatkan air dalam jumlah cukup.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Merawat Tanaman Sukulen

Cara mengatasi daun sukulen yang menguning

Seperti yang sudah diketahui bahwa daun sukulen yang menguning diakibatkan oleh ketidakseimbangan air penyiraman. Maka dari itu, cara mengatasi masalah tersebut yaitu dengan melakukan penyiraman secukupnya.

Apabila media tanam tergenang, segeralah untuk membuang air tersebut. Kemudian, biarkan media tanam mengering, lalu disiram secukupnya.

Penyiraman sebaiknya dilakukan secara perlahan untuk memastikan air mencapai ke bagian akar. Penyiraman dilakukan secara bertahap agar tanaman tidak tergenang.

Lebih baik untuk menyiram tanaman menggunakan sprayer agar kebutuhan air tetap tercukupi. Perawatan yang konsisten akan membuat tanaman sukulen bisa kembali tumbuh dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com