Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membasmi Laba-laba dari Rumah Tanpa Membunuhnya

Kompas.com - 28/08/2023, 22:06 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Laba-laba menjadi salah satu hewan yang sering muncul di rumah. Biasanya, hewan berbuku-buku ini muncul di plafon rumah, tepatnya di area sudut. 

Kehadiran laba-laba di rumah bukan tanpa alasan. Laba-laba dapat mengendalikan hama serangga di dalam rumah dan sebagian besar tidak berbahaya.   

Baca juga: Cara Membasmi Laba-laba di Rumah Pakai Garam 

Bahkan, laba-laba memangsa serangga pembawa penyakit, seperti nyamuk, lalat, kecoak, earwig, dan tungau pada pakaian. Karena itu, sebetulnya laba-laba dapat menjaga kebersihan rumah dan menjauhkan hama.

Meski demikian, tak ada siapa pun yang menginginkan kehadiran laba-laba di rumah mereka. Kemunculan laba-laba dianggap sebagai masalah karena dapat mengotori rumah, mengganggu, dan memberi kesan rumah yang tidak terawat. 

Ditambah, laba-laba membuat jaring yang membuat keberadaannya semakin terlihat mengotori rumah. 

Maka itu, kalau pun ingin membasmi laba-laba, Anda perlu melakukannya dengan hati-hati tanpa membunuh. Pikirkan pencegahan sejak awal, lalu singkirkan laba-laba yang berhasil masuk untuk menghindari penghuni yang tidak diinginkan.

Sama dengan membasmi lalat buah, beberapa tips berikut ini lebih kepada pencegahan daripada pengobatan. 

Nah, dilansir dari Homes & Gardens, Senin (28/8/2023), berikut sejumlah cara membasmi laba-laba dari rumah tanpa membunuhnya

Baca juga: 9 Kebiasaan yang Bikin Laba-laba Muncul di Rumah, Apa Saja?

Singkirkan sarang laba-laba

Ilustrasi laba-laba.Shutterstock/Magda van der Kleij Ilustrasi laba-laba.
Jika laba-laba terus-menerus membangun sarang di rumah atau di sekitar pintu eksterior, itu karena hewan ini menganggapnya sebagai lingkungan yang aman, kering, dan dengan pasokan makanan stabil.

Jadi, jika Anda secara teratur mengacaukan jaring laba-laba dengan beberapa pembersihan sederhana, ini akan membuat laba-laba pindah.

Laba-laba mungkin tidak akan pergi jauh, mungkin akan menemukan tempat tinggal di gudang, tetapi Anda tidak akan berbagi rumah dengannya. 

Baca juga: Kenapa Banyak Laba-laba di Rumah? Ini 8 Penyebabnya

Gunakan cuka

Selanjutnya, cara membasmi laba-laba dari rumah tanpa membunuhnya adalah menggunakan cuka. Sama dengan serangga lainnya, laba-laba tidak menyukai aroma kuat dan cuka tentu saja memiliki bau yang kuat.

Rachel Crow, Editor kanal Kebun di Homes & Gardens, mengatakan membuat semprotan serangga sendiri.

Cukup campurkan cuka dan air dengan perbandingan sama ke dalam botol semprot dan semprotkan ke area yang sering didatangi laba-laba.

Hindari menyemprotkan ke dinding yang akan menodai atau ke bunga dan tanaman yang akan rusak. Bau cuka akan membuat laba-laba akan tetap mencium baunya dan mengusirnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com