Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Menyedot Rambut Rontok dengan Vacuum Cleaner, Mengapa?

Kompas.com - 24/08/2023, 13:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rambut rontok dan bulu hewan peliharaan adalah masalah yang sering dihadapi di rumah. Kondisi ini mungkin membuat Anda ingin membersihkannya dengan vacuum cleaner.

Akan tetapi, jumlah rambut rontok yang berlebihan dapat membuat vacuum cleaner rusak. Anda dapat menyedot rambut normal sehari-hari, dan sebagian besar waktu Anda tidak akan mengalami masalah.

Namun, dikutip dari House Digest, Kamis (24/8/2023), jika Anda memiliki tumpukan rambut rontok yang banyak, sebaiknya jangan langsung menyedotnya dengan vacuum cleaner. Cukup sapu sebagian besar terlebih dahulu.

Baca juga: 4 Hal Penyebab Bau pada Vacuum Cleaner dan Solusinya

Ilustrasi menyedot debu dengan vacuum cleaner. SHUTTERSTOCK/HANANEKO_STUDIO Ilustrasi menyedot debu dengan vacuum cleaner.

Dengan begitu, Anda tidak akan mengambil risiko rambut yang lebih panjang melilit bagian dalam vacuum cleaner dan menghambat kinerjanya.

Vacuum cleaner dengan sikat berputar melalui sisir bergigi untuk menghilangkan rambut. Jika Anda pernah mengalami vacuum cleaner tersumbat oleh rambut di sekitar batang sikat rol, Anda pasti mengerti betapa menyebalkannya hal itu.

Cara membersihkan rambut dari vacuum cleaner

Ada beberapa metode yang cukup sederhana yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan rambut dari vacuum cleaner. Cukup buka vacuum cleaner, baik dengan menekan tombol atau dengan menggunakan obeng.

Kemudian Anda bisa mengambil ujung rambut dan menarik semua helai sekaligus. Anda tidak boleh menggunakan gunting karena dapat menciptakan kerusakan.

Baca juga: 4 Tanda Vacuum Cleaner Harus Diganti, Apa Saja?

Cara bagus lainnya untuk menghilangkan rambut dari vacuum cleaner adalah dengan alat dedel jahitan. Dengan alat yang murah dan sangat nyaman ini, Anda dapat dengan mudah mengeluarkan rambut.

Pastikan Anda memeriksa bilah sikat sesudahnya untuk memastikan tidak ada kerusakan dan tidak perlu diganti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com