Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Memasang Lantai Laminasi di Rumah

Kompas.com - 22/08/2023, 19:54 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai laminasi adalah jenis lantai populer yang kini banyak digunakan di rumah. Lantai laminasi adalah lantai hibrida yang terdiri atas papan kayu di atasnya dengan lapisan gambar dan lapisan transparan.

Lantai laminasi memiliki tampilan yang cantik, mudah dirawat, dan harganya terjangkau. Ditambah,cara memasang lantai laminasi atidak sulit, bahkan Anda bisa memasangnya sendiri.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (22/8/2023), berikut cara memasang lantai laminasi di rumah dengan mudah. 

Baca juga: Mengenal Lantai Laminasi, dari Bahan, Kelebihan, dan Kekurangan

Alat dan bahan

  • Pisau
  • Palu
  • Pengetuk blok
  • Palu karet (opsional)
  • Meteran
  • Gergaji
  • Pensil
  • Pisau serbaguna
  • Lantai laminasi
  • Lapisan bawah dan selotip
  • Scrap spacer kayu

Atur tata letak lantai

Ilustrasi lantai laminasi.Shutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi lantai laminasi.
Langkah awal memasang lantai laminasi adalah mengatur tata letak lantai tersebut. Ukur terlebih dalulu lantai yang akan dipasang lantai laminasi.

Atur papan berdampingan di seberang ruangan, lalu atur panjang papan dari ujung ke ujung. Sebaiknya, tidak mengunci papan bersama-sama karena bisa membuat bagian tepi rusak dan kunci sulit dibuka. 

Setelah tata letak sesuai dengan keinginan, papan lantai laminasi bisa diambil kembali dan ditumpuk dekat dengan tempat pemasangan.

Baca juga: Lantai Laminasi Vs Linoleum, Mana yang Terbaik untuk Rumah?

Pasang lapisan bawah lantai

Sebelum dipasangi lantai laminasi, sebaiknya pasang terlebih dahulu lapisan bawah dari busa tipis dan padat. Lapisan bawah lantai ini bisa membantu menyerap suara, penghalang panas, menjadi jembatan celah kecil dan gundukan di lantai bawah, serta membuat lantai nyaman saat diinjak.

Beberapa lapisan bawah lantai biasanya dilengkapi perekat sehingga mudah saat memasang. Anda bisa menggunakan pisau serbaguna, kemudian rapikan lapisan bawah. 

Baca juga: Ketahui, Ini Plus Minus Menggunakan Lantai Kayu Laminasi di Dapur

Pasang barisan pertama terlebih dahulu

Bagian pertama yang perlu dipasang adalah tepi dinding. Letakkan lantai laminasi di tepi dinding.  Apabila terlalu panjang, potong lantai laminasi menggunakan pisau. 

Pastikan semua papan tersusun rapi, kemudian tempatkan ruang dari potong kayu di antara lantai dan dinding agar lantai laminasi tidak menempel langsung dengan dinding.

Selanjutnya, susun papan berikutnya dan kunci setiap bagian menggunakan palu. Sambungan harus rapat agar lantai terlihat rapi. Kunci sambungan tersebut. Gunakan balok agar kuncian lantai laminasi kencang dan rapi.

Baca juga: Dampak Buruk Mengepel Lantai Kayu, Vinil, dan Laminasi Pakai Air Panas

Kesalahan saat memasang lantai laminasi

Meski memasang lantai laminasi cukup mudah, tapi ternyata sering juga ditemukan kesalahan saat pemasangan. Kesalahan paling umum adalah memasang lantai laminasi di atas lantai lama, seperti lantai vinil.

Kesalahan lainnya adalah memasang lantai laminasi di area lembap. Ini bisa membuat lantai laminasi  melengkung dan lunak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com