Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Lantai Laminasi, dari Bahan, Kelebihan, dan Kekurangan

Kompas.com - 22/08/2023, 16:30 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai laminasi menjadi salah satu jenis lantai yang kini cukup banyak digunakan di rumah-rumah. 

Lantai laminasi adalah lantai hibrida yang terdiri atas papan kayu di atasnya dengan lapisan gambar dan lapisan transparan.  

Baca juga: Lantai Laminasi Vs Linoleum, Mana yang Terbaik untuk Rumah?

Lantai laminasi memiliki tampilan menarik dan harganya terjangkau. Jenis lantai biasanya digunakan di ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, lorong, dapur, dan area yang tidak terkena kelembapan berlebihan.

Lantai laminasi ditemukan pada 1977 oleh perusahaan Swedia Perstorp. Ide awalnya adalajh untuk memanfaatkan limbah kayu dengan cara mengolahnya menggunakan tekanan tinggi, panas, dan bahan kimia yang mengikat.

Hasilnya, limbah kayu akan menjadi papan lantai yang indah. Sejak saat itu, jenis lantai ini dikenal dengan nama lantai laminasi dan banyak produsen yang membuatnya. 

Baca juga: 5 Lantai Terbaik untuk Ruang Bawah Tanah yang Awet dan Nyaman

Bahan lantai laminasi

Lantai laminasi disebut juga sebagai lantai kayu laminasi. Lantai ini terdiri atas partikel kayu yang kemudian di pres sampai padat.

Pada bagian atasnya, terlihat seperti kayu asli karena ada lapisan gambar yang membuat penampilannya sangat realistis.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (22/8/2023), lantai laminiasi memiliki tiga lapisan pada lantai, seperti berikut ini 

  • Lapisan atas

Bagian atas lantai laminasi biasanya dilapisi lembaran plastik keras yang transparan dan tahan gores sehingga tetap aman serta cukup tahan lama. 

Baca juga: Hindari, Ini 4 Kesalahan Mengepel Lantai yang Sering Dilakukan

  • Lapisan gambar

Lantai laminasi juga memiliki lapisan gambar yang terlihat realistis. Hal inilah yang membuat lantai laminasi memiliki motif estetik, seperti kayu asli.

  • Lapisan inti

Di bawah lapisan gambar, terdapat lapisan inti yang terbuat dari serpihan kayu yang dipadatkan. Lapisan inti lantai laminasi dibuat stabil sehingga nyaman saat digunakan.

Lantai laminasi Quickstep seri Majestic dari ACE Hardware.Dok/ACE Hardware Lantai laminasi Quickstep seri Majestic dari ACE Hardware.

Kelebihan dan kekurangan lantai laminasi

Sebelum menggunakannya di rumah, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai laminasi. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Baca juga: 5 Keuntungan Menerapkan Denah Lantai Terbuka di Rumah

Lantai laminasi memiliki permukaan halus dan mudah dibersihkan. Jenis lantai ini juga tidak perlu dipel sampai basah, cukup gunakan pel atau sapu kering dan seluruh debu maupun kotoran lain akan terangkat.

Namun, apabila ingin membersihkan lebih maksimal, gunakan alat pel dengan permukaan keras yang dibasahi larutan pembersih lantai.

Selain mudah dibersihkan, lantai laminasi tahan terhadap goresan karena lapisan atasnya cukup kuat. Maka itu, cocok untuk rumah yang memiliki hewan peliharaan maupun anak kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com