Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keuntungan Menerapkan Denah Lantai Terbuka di Rumah

Kompas.com - 10/08/2023, 08:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya mendapatkan kesan lebih luas pada rumah, denah lantai terbuka modern atau rumah berkonsep terbuka dapat menjadi pilihan. 

Denah lantai terbuka ini telah lama populer dan banyak diterapkan pada rumah kecil, seperti apartemen, untuk menciptakan hunian yang lebih luas dan lapang lantaran tak ada penyekat di antara ruangan. 

Baca juga: Mengenal Konsep Rumah Tumbuh dan Manfaatnya

Dengan menghilangkan dinding antara dapur, ruang makan, dan ruang keluarga, dapat meningkatkan kenyamanan, mengoptimalkan cahaya, serta memperluas pilihan hiburan. 

Untuk mengetahui lebih dalam, berikut kelebihan menerapkan denah lantai terbuka di rumah dilansir dari Better Homes and Gardens, Kamis (10/8/2023). 

Ilusi ruang yang lebih luas

Ilustrasi rumah dengan denah lantai terbuka atau rumah berkonsep terbuka.Shutterstock/BM_27 Ilustrasi rumah dengan denah lantai terbuka atau rumah berkonsep terbuka.
Jika ingin menambah kesan luas, tapi tidak memiliki uang untuk menambah ekstensi, menghilangkan dinding dan pintu dapat memberikan ilusi ruangan yang lebih besar.

Denah lantai terbuka ini dapat menciptakan kesinambungan desain dari satu ruangan ke ruangan lainnya serta membiarkan lebih banyak cahaya alami masuk.

Dalam menciptakan denah lantai terbuka atau ruangan multi-fungsi dengan sedikit pemisahan, Anda bisa menghilangkan ruang, seperti ruang makan formal yang jarang digunakan. 

Baca juga: Ingin Punya Rumah Berkonsep Terbuka? Ini 9 Cara Mendesainnya

Peningkatan pencahayaan 

Selanjutnya, keuntungan menerapkan denah lantai terbuka di rumah adalah memiliki banyak pencahayaan.

Jika rumah Anda saat ini memiliki tata letak shot gun dengan ruangan interior yang tidak mendapatkan banyak cahaya alami, menghilangkan beberapa dinding antara bagian depan rumah dan bagian belakang dapat membuat ruangan terasa lebih mengundang serta cerah. 

Denah lantai terbuka memungkinkan cahaya alami mengalir melalui ruang yang lebih besar, membuat ruangan terasa lebih terang dan lebih ramah.

Garis pandang yang jelas dengan pemandangan tidak terhalang dari jendela dan pintu kaca juga menciptakan koneksi mulus antara ruang dalam dan luar ruangan. 

Baca juga: Ingin Rumah Berkonsep Terbuka? Pertimbangkan 10 Hal Ini Dulu

Menumbuhkan rasa kebersamaan 

Ilustrasi rumah dengan denah lantai terbuka atau rumah berkonsep terbuka.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi rumah dengan denah lantai terbuka atau rumah berkonsep terbuka.
Denah lantai terbuka menumbuhkan rasa kebersamaan dan memudahkan anggota keluarga beraktivitas dalam jarak yang nyaman.

Anak-anak dapat merasa bebas melakukan kegiatan mereka sendiri, tetapi tetap diawasi dengan baik dari area lain di rumah. Ini memberikan peningkatan visibilitasnya tak tertandingi.

Bagi mereka yang suka menjamu tamu, akan lebih mudah melihat semua tamu dari satu titik pusat di dalam ruangan. 

Baca juga: Konsep Dapur Terbuka Tidak Bagus Menurut Feng Shui, Mengapa?

Kemudahan menghibur

Keuntungan menerapkan denah lantai terbuka di rumah adalah kemudahan menghibur. Tidak perlu lagi menjejali dapur yang sempit dengan tamu yang ingin mengobrol dan mengunyah makanan saat bersamaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com