Kompas.com - 07/07/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbicara tentang lantai kayu, kebanyakan orang lebih familiar dengan jenis kayu keras. Ini adalah salah satu dari beragam jenis lantai kayu yang kerap digunakan di dapur.

Namun, ada jenis lantai kayu lain yang tidak kalah populer digunakan di dapur, yakni lantai kayu laminasi.

Baca juga: 6 Tips Merawat Lantai Kayu Laminasi agar Tetap Bagus dan Tahan Lama

Lantai kayu laminasi adalah lantai yang terdiri atas lapisan kayu tipis yang ditumpuk dan ditempel menjadi satu. Walhasil, ketebalannya bisa mencapai 0,5 sampai tiga sentimeter. 

Lantai kayu laminasi memiliki kesamaan dengan lantai vinil lantaran metode instalasinya serupa, menampilkan penggambaran kayu secara realistis, dan perawatannya cukup mudah.

Sejumlah hal tersebut membuat beberapa orang tertarik memasang lantai kayu laminasi di dapur.

Namun, dikutip dari Kitchinsider, Kamis (7/7/2022), ada beberapa plus dan minus memasang lantai kayu laminasi di dapur seperti berikut ini. 

Baca juga: 7 Keuntungan Menggunakan Lantai Kayu di Dapur

Mengenal lantai kayu laminasi

Ilustrasi dapur, ilustrasi lantai kayu laminasi.SHUTTERSTOCK / Serghei Starus Ilustrasi dapur, ilustrasi lantai kayu laminasi.
Sebelum mengetahui keuntungan dan kekurangan menggunakan lantai kayu laminasi di dapur, perlu memahami lebih lanjut seputar jenis lantai ini untuk memantapkan keputusan.

Lantai kayu laminasi biasanya dijual dalam bentuk ubin dan papan. Lantai kayu laminasi adalah produk sintetis yang terbuat dari beberapa lapisan.

Lapisan paling atas adalah lapisan akrilik bening yang tahan lama. Lapisan ini melindungi lapisan kertas cetak yang berada tepat di bawahnya. 

Lapisan permukaan lantai kayu laminasi tahan terhadap goresan serta tahan noda dan air. Sementara untuk lapisan kertas cetak, akan menampilkan penggambaran kayu atau batu pada permukaan lantai. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.