Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Dingin Vs Panas, Mana yang Sebaiknya Mengepel Lantai?

Kompas.com - 16/08/2023, 20:55 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai merupakan bagian dari rumah yang mudah kotor karena dilalui atau dipijak semua penghuni rumah setiap saat.

Lantai yang kotor tentu membuat tidak nyaman serta bakteri dan jamur lebih mudah berkembang. Hal ini bisa mengganggu kesehatan penghuni rumah. Maka itu, penting selalu membersihkan lantai rumah. 

Baca juga: Cara Mengepel Lantai dengan Benar Menurut Profesional, Tak Sembarangan

Selain disapu, lantai rumah juga perlu dipel setiap hari agar tetap bersih. Biasanya, mengepel lantai menggunakan air dingin, tetapi ada pula yang mengepel lantai memakai air panas.

Lantas, mana yang lebih baik mengepel lantai menggunakan air dingin atau panas? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengepel lantai menggunakan air dingin atau panas?

Ilustrasi mengepel lantai, membersihkan lantai ubin.SHUTTERSTOCK/A3PFAMILY Ilustrasi mengepel lantai, membersihkan lantai ubin.
Dikutip dari Home Viable, Rabu (16/8/2023), mengepel lantai menggunakan air panas atau dingin memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika dilihat dari ketahanan properti, lebih baik mengepel lantai menggunakan air dingin karena risiko merusak lantai lebih kecil dibanding mengepel lantai menggunakan air panas. Air dingin juga bisa menjaga lantai tetap berkilau serta aman digunakan untuk berbagai jenis lantai.

Sedangkan, air panas hanya bisa digunakan untuk lantai yang tahan suhu tinggi. Akan tetapi, kemampuan air dingin dalam membunuh bakteri tidak sebaik air panas.

Air panas bisa membunuh kuman, menghilangkan noda, minyak, hingga kotoran lebih cepat dibanding air dingin. 

Baca juga: 10 Kesalahan dalam Mengepel Lantai yang Harus Dihindari

Manfaat mengepel lantai menggunakan air dingin

Mengepel lantai menggunakan air dingin lebih aman untuk lantai karena tidak akan merusak lapisannya sehingga masa pakai lantai menjadi lebih lama.

Selain itu, mengepel lantai menggunakan air dingin lebih ramah lingkungan karena tidak perlu ada energi yang digunakan untuk memanaskan air.

Manfaat mengepel lantai menggunakan air panas

Ilustrasi mengepel lantai, kain pel. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi mengepel lantai, kain pel.
Sama dengan air dingin, mengepel lantai menggunakan air panas juga memiliki banyak manfaat. Metode ini dinilai lebih bersih dibanding air dingin karena air panas bisa mencairkan lemak dan efektif untuk mengangkat noda sehingga membuat waktu mengepel menjadi lebih singkat. 

Beberapa bahan pembersih lantai juga lebih cepat bereaksi dengan air panas sehingga lebih efektif  membersihkan kotoran di lantai dan membuat permukaan lantai lebih cepat kering. 

Baca juga: Simak, 8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mengepel Lantai

Menentukan jenis air untuk mengepel berdasarkan material lantai

Selain mempertimbangkan manfaat, pemilihan suhu air untuk mengepel lantai juga harus disesuaikan dengan material lantai. Berikut material lantai yang bisa dibersihkan menggunakan air dingin atau panas.

  • Kayu

Lantai kayu lebih baik dibersihkan menggunakan air dingin karena memakai air panas bisa menghilangkan zat pelindung pada lantai yang menyebabkannya tidak mengkilap. 

Selain jenis air yang digunakan, jumlah air yang diberikan tidak boleh terlalu banyak karena kayu lebih mudah menyerap air, lantai kayu tidak cepat kering, dan mengakibatkan warna berubah serta bengkok.

Baca juga: Dampak Buruk Mengepel Lantai Kayu, Vinil, dan Laminasi Pakai Air Panas

  • Ubin

Ilustrasi lantai kayu dengan pola chevron.Shutterstock/Charoenphol Anchana Ilustrasi lantai kayu dengan pola chevron.
Ubin dari bahan keramik dan porselen bisa dibersihkan menggunakan air panas, sedangkan jenis ubin lainnya sebaiknya dibersihkan menggunakan air dingin.

Meski demikian, mengepel ubin menggunakan air panas atau sistem steam mop sebaiknya dilakukan secara berkala. Terlalu sering mengepel ubin dengan air panas berisiko membuat ubin cepat rusak.

  • Vinil

Mengepel lantai vinil sebaiknya menggunakan air dingin atau hangat. Hindari penggunaan cairan pembersih terlalu banyak karena bisa menyebabkan kerusakan.

  • Marmer

Mengepel lantai qmarmer direkomendasikan menggunakan air panas dan larutan pembersih ringan. Air panas bisa menghilangkan kotoran dan tidak akan menghilangkan kilau pada marmer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com