Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Schneider Electric Gelar Kompetisi Efisiensi Energi, Hadirkan 3 Pemenang

Kompas.com - 11/08/2023, 16:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.comn - Schneider Electric telah menyelenggarakan Schneider Go Green Student Competition 2023. Pada program yang diadakan setiap tahun tersebut, Schneider Electric menetapkan 3 tim pemenang.

Ketiga tim menghadirkan ide inovatif yang menjawab studi kasus yang diberikan tahun ini, yaitu seputar Circularity and Energy Efficiency in Buildings (Sirkularitas dan Efisiensi Energi dalam Bangunan Gedung).

Go Green merupakan kompetisi berskala global yang dicanangkan pada tahun 2011 dan ditujukan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri dan tumbuh menjadi profesional di bidangnya.

Baca juga: Schneider Electric Dorong Transformasi Digital Pengelolaan Air dan Air Limbah Berkelanjutan

Ilustrasi listrik, colokan listrik.UNSPLASH/CLINT PATTERSON Ilustrasi listrik, colokan listrik.

Melalui kompetisi ini, peserta juga berkesempatan untuk belajar secara langsung dari pakar industri serta mendorong diri mereka untuk berinovasi melalui ide-ide yang berani dan berkelanjutan.

Tahun ini, gelar juara diraih oleh tim Bentala yang beranggotakan mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Tim Intermezzo yang juga berasal dari ITB dan tim Grafena dari Universitas Indonesia dan Universitas Atmajaya melengkapi daftar pemenang pada kompetisi tahun ini.

Para tim pemenang berhasil merumuskan beberapa solusi terbaik dari permasalahan umum yang dihadapi pengelola gedung perkantoran dan hotel untuk melibatkan para penyewa gedung dan tamu hotel untuk mengurangi jejak karbon melalui pemanfaatan teknologi sehingga tercipta sirkularitas dan efisiensi energi untuk tujuan keberlanjutan jangka panjang.

Para pemenang Go Green 2023 dinilai berdasarkan aspek-aspek esensial yang diperlukan dalam menciptakan sirkularitas dan efisiensi energi dalam bangunan untuk menciptakan keberlanjutan melalui manajemen energi dan otomasi, kata Sondang Saktion, Human Resources Director Schneider Electric Indonesia & Timor Leste dalam keterangannya, Jumat (11/8/2023).

Baca juga: Schneider Electric Gelar Kompetisi Solusi Sistem Ketenagalistrikan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com