Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Corgi Jantan Vs Betina, Manakah yang Lebih Baik Dipelihara?

Kompas.com - 10/08/2023, 09:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Corgi menjadi salah satu ras anjing populer di dunia. Anjing Corgi memiliki tampilan tubuh yang gempal dan memajang, kaki pendek, serta wajah yang manis. 

Tampilan ini membuat anjing Corgi tampak lucu dan menggemaskan. Tampilan ini pula yang membuat anjing Corgi populer dan banyak dipelihara di seluruh dunia, termasuk mendingan penguasa Inggris Raya, Ratu Elizabeth II.  

Baca juga: 9 Ras Anjing Kesayangan Kerajaan Inggris, dari Corgi sampai Beagle

Setidaknya, Ratu Elizabeth II telah memelihara lebih dari 30 anjing Corgi dan membiakkan 14 generasi anjing Corgi sepanjang hidupnya. 

Menurut daftar ras anjing populer pada 2022 dari American Kennel Club—Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat— Pembroke Welsh Corgi berada di urutan ke-11. Sebelumnya, anjing Corgi selalu berada di urutan pertama selama beberapa tahun.  

Pembroke Welsh Corgi adalah salah satu dari dua jenis anjing Corgi. Satunya lagi adalah  Cardigan Welsh Corgi. 

Anjing Corgi memiliki kepribadian ceria, cerdas, mudah dilatih, lincah, serta setia pada pemiliknya. 

Namun, sebelum memutuskan memelihara anjing Corgi, Anda harus memilih jenis kelamin yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup, terutama jika menyangkut anggota rumah tangga lainnya, seperti anak kecil dan hewan peliharaan. 

Ada beberapa perbedaan utama antara Corgi jantan dan betina. Nah, dilansir dari A-Z Animals, Kamis (10/8/2023), berikut sejumlah perbedaan anjing Corgi jantan dan betina.  

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Suka Bermain, dari Corgi sampai Bulldog

Karakteristik fisik 

Ilustrasi anjing Corgi.PIXABAY/ElfinFox Ilustrasi anjing Corgi.
Ukuran anjing Corgi berbeda berdasarkan jenis kelaminnya. Rata-rata, anjing Corgi jantan memiliki berat beberapa kilogram lebih berat daripada Corgi betina.

Berat badan ekstra ini berasal dari perbedaan otot dan organ reproduksi yang dimiliki keduanya. Corgi betina cenderung memiliki bentuk tubuh lebih ramping daripada Corgi jantan.

Kedua anjing Corgi ini memiliki berat badan antara 20-30 kilogram selama masa dewasanya. Corgi jantan memiliki berat badan antara 26-32 kilogram, sedangkan Corgi betina 24-28 kilogram.

Perbedaan anjing Corgi jantan dan betina adalah pada posisi berdiri. Meski keduanya memiliki kaki pendek, Corgi betina biasanya akan berdiri lebih rendah ke tanah daripada jantan.

Namun, warna, tanda, dan warna mata tidak berubah atau bergeser berdasarkan jenis kelamin. 

Baca juga: 6 Ras Anjing yang Mirip Rubah, dari Corgi sampai Akita Inu

Ciri-ciri perilaku

Sebagian besar anjing Corgi jantan sedikit lebih penyayang kepada pemilik dan keluarganya daripada Corgi betina. Pejantan akan terlihat lebih membutuhkan dan rentan terhadap kecemasan berpisah daripada Corgi betina.

Jika tidak dikebiri, Corgi jantan akan menunjukkan perilaku teritorial dan dominan jauh lebih besar daripada betina. Namun, Corgis betina yang dikebiri atau tidak tetap teritorial di sepanjang usia tua mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com