Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disnakertrans Jabar dan Gravel Indonesia Berkolaborasi Serap Pekerja Konstruksi di Jawa Barat

Kompas.com - 05/08/2023, 19:32 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, kondisi perekonomian Jawa Barat mulai membaik dan membawa dampak adanya penyerapan tenaga kerja sebanyak 648 ribu dengan peningkatan partisipasi angkatan kerja (TPAK) sebesar 66,75 persen dari sebelumnya 0,44 persen. 

Hal ini juga beriringan dengan data berkurangnya pengangguran sekitar 0,46 persen dari periode Agustus 2022. 

Baca juga: Gravel Borongan, Solusi Wujudkan Rumah Impian untuk Generasi Milenial

Tidak puas dengan capaian tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat (Disnakertrans Jabar) terus berusaha mewujudkan penyerapan kerja semaksimal mungkin.

Berdasarkan laporan yang sama, masih terdapat tingkat pengangguran terbuka sebesar 7,8 persen atau sekitar 2 juta masyarakat yang menganggur.

Rachmat Taufik Garsadi, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, menyebutkan Disnakertrans Jabar terus berupaya mewujudkan misi meningkatkan fasilitas penempatan dan perluasan kesempatan kerja secara lebih intens untuk masyarakat Jawa Barat dalam waktu cepat. 

Baca juga: Gravel Maintenance, Solusi Perbaikan Rumah Tanpa Ribet dan Berkualitas

“Sesuai dengan misi instansi, kami (Disnakertrans Jabar) akan terus menekan tingkat pengangguran terbuka dengan melalui kerja sama dengan penyedia lapangan kerja, baik dalam event besar (seperti job fair) maupun event-event berskala menengah,” jelasnya.

Selaras dengan misi ini, pada 2-3 Agustus 2023, Disnakertrans Jabar berkolaborasi dengan Gravel—perusahaan teknologi yang bergerak di bidang jasa konstruksi—mengadakan Perekrutan Terbuka Mitra Gravel di Aula Arjuna Dinas Tenaga Kerja Jawa Barat.

Gravel memiliki fokus kegiatan usaha menghubungkan para pencari dan penyedia tenaga kerja konstruksi dengan mudah, cepat, dan transparan melalui aplikasi Gravel.

Co-founder dan CEO Gravel, Georgi Ferdwindra Putra, mengungkapkan antusiasnya menjadikan Jawa Barat sebagai wilayah prioritas Perekrutan Terbuka Mitra Gravel pada 2023 ini melihat besarnya potensi masyarakat yang memiliki pengalaman dan keterampilan dalam bidang konstruksi, tetapi belum terpublikasikan secara massal. 

Baca juga: Jaga Kondisi Rumah dengan Layanan Gravel Maintenance Sebelum Mudik

"Kami optimis kolaborasi Disnakertrans Jabar dan Gravel mampu mendorong penyerapan tenaga kerja di area Jawa Barat, apalagi proyek konstruksi di Jabar emakin pesat, termasuk proyek-proyek Gravel," ujar Georgi dalam siaran pers Gravel yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/8/2023). 

Lewat aplikasi Gravel Dulur, pencari kerja yang telah mendaftar sebagai mitra dapat mencari pekerjaan konstruksi sesuai keterampilannya, setidaknya 14 keterampilan konstruksi masuk kategori pekerjaan di aplikasi tukang.

Proyek yang dikerjakan Gravel pun tergolong beragam, dari pembangunan, renovasi dan perbaikan rumah, proyek konstruksi gedung, fasilitas umum, hingga infrastruktur transportasi. 

Baca juga: 6 Cara Merenovasi Rumah dengan Anggaran Terbatas

Jadi, potensi mencari pekerjaan konstruksi bagi masyarakat Jawa Barat semakin terbuka dan aksesnya pun semakin terjangkau via aplikasi.

Adapun pada kegiatan Perekrutan Terbuka Mitra Gravel ini lebih banyak berfokus pada sosialisasi pengenalan aplikasi Gravel Dulur sebagai aplikasi pencari kerja konstruksi dan pembukaan registrasi untuk menjadi mitra Gravel yang akrab disapa ‘Dulur’.

Tim Gravel juga mengedukasi para calon mitra cara mencari pekerjaan dari aplikasi Gravel Dulur.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com