Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2023, 20:02 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAs.com - Kompor bisa dibilang menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang dapat bertahan lama. Kompor dapur biasanya dapat bertahan hingga 15 tahun.

Karena ini adalah pembelian yang jarang terjadi, Anda perlu melakukan perencanaan sebelum membeli kompor

Baca juga: Kenapa Kompor Gas Mengeluarkan Suara Mendesis?

Membeli kompor baru biasanya bukan pembelian impulsif saat Anda berjalan-jalan di pusat perbelanjaan atau pusat peralatan.

Sebaliknya, kompor mungkin mengalami kerusakan pada kondisi-kondisi tertentu, seperti sedang merenovasi dan memperbarui dapur atau ketika dalam perjalanan pindah rumah. 

Ada banyak pilihan kompor di pasaran, dari kompor gas, kompor listrik, dan kompor induksi. Hal ini sering kali membuat banyak orang bingung membeli kompor terbaik arau sesuai dengan kebutuhan mereka.

Belum lagi, Anda harus menentukan waktu terbaik membeli kompor. Anda tidak selalu memiliki pilihan dalam waktu pembelian ini. 

Namun, beberapa bulan, hari dalam sebulan, bahkan hari dalam seminggu adalah waktu terbaik membeli kompor.

Baca juga: Kompor Gas Vs Kompor Induksi, Mana Lebih Efisien?

Bulan-bulan terbaik untuk membeli kompor

Ilustrasi kompor listrik. SHUTTERSTOCK/BRIZMAKER Ilustrasi kompor listrik.
Jika memutuskan kapan membeli kompor baru, sebaiknya rencanakan pembelian sebelum model-model baru masuk ke lantai penjualan setiap musim dingin.

Peralatan mulai dijual setiap tahun pada September atau Oktober. Untuk memastikan toko-toko memiliki cukup ruang, mereka menandai model tahun sebelumnya dengan harga diskon.

Anda mungkin juga bisa mendapatkan penawaran pada Januari untuk model-model terakhir yang tersisa di lantai. Pastika bertanya tentang model lantai dan model goresan dan penyok yang mungkin ada di gudang.

Jika bisa mentoleransi beberapa noda pada permukaan, Anda mungkin bisa mendapatkan penawaran yang lebih baik. 

Baca juga: 8 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Kompor Induksi

Penjualan akhir pekan liburan untuk peralatan utama

Anda juga bisa mendapatkan penawaran yang bagus jika berbelanja pada akhir pekan liburan. Hari-hari terbaik membeli peralatan dapur adalah pada hari besar peringatan, seperti Hari Buruh dan hari kemerdekaan.

Ini adalah tanggal-tanggal populer untuk penjualan peralatan besar, tetapi pastikan melakukan riset terlebih dulu untuk memastikan Anda benar-benar menghemat uang. 

Penawaran akhir bulan

Ilustrasi kompor, kompor gas. PIXABAY/FERNANDO ARCOS Ilustrasi kompor, kompor gas.
Staf di banyak toko mendapatkan komisi dari penjualan, jadi Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik pada minggu terakhir setiap bulannya saat mereka lebih termotivasi untuk mencapai kuota penjualan.

Bersiaplah bernegosiasi dan lakukan riset harga secara online dan dengan kompetitor. Usahakan setidaknya menyamai harga terendah yang Anda temukan, bahkan lebih rendah lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com