Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menyimpan Makanan di Freezer agar Rapi dan Efisien

Kompas.com - 03/08/2023, 13:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda kesulitan mencari makanan yang disimpan di freezer atau menemukan makanan mengering dalam kondisi beku? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui cara menyimpan makanan di freezer agar efisien.

Dengan penyimpanan yang benar di freezer, maka tidak hanya rapi, namun Anda akan terhindar dari risiko pemborosan akibat makanan tak layak dikonsumsi karena terlalu lama disimpan di freezer.

Dilansir Martha Stewart, Kamis (3/8/2023), berikut beberapa tips menyimpan makanan di freezer agar rapi dan efisien.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengatur Freezer

Ilustrasi menyimpan sayuran di freezer. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi menyimpan sayuran di freezer.

1. Kelompokkan dan pisahkan

Logika memainkan peran kunci dalam efisiensi penyimpanan makanan di freezer. Dengan kata lain, pikirkan lokasi saat menyimpan makanan di freezer.

Sangat membantu untuk mengelompokkan barang-barang serupa, dengan begitu, Anda akan tahu berapa banyak yang Anda miliki, dan di mana tepatnya menemukannya, kata Crystal Schmidt, penulis Freeze Fresh: The Ultimate Guide to Preserving 55 Fruits and Vegetables for Maximum Flavor and Versatility serta pembuat blog Whole-Fed Homestead.

2. Bekukan makanan dalam porsi kecil

Untuk menciptakan lebih banyak ruang di freezer dan mempercepat perencanaan makan, Trent Jacobi, direktur eksekutif manajemen produk pendinginan GE Appliances, menyarankan untuk memisahkan porsi berukuran besar menjadi porsi lebih kecil saat menyimpan makanan.

Untuk saus dan cairan, biarkan makanan membeku rata di dalam kantong plastik, lalu letakkan di tempat penyimpanan agar tidak terlepas, saran Jacobi.

Baca juga: Setelah Dicairkan, Bolehkah Daging Sapi Disimpan Kembali di Freezer?

3. Gunakan wadah atau kotak penyimpanan

Schmidt juga menganjurkan untuk menggunakan sistem kotak atau wadah makanan. Untuk chest freezee, itu berarti menggunakan kotak dengan bagian atas terbuka dan mudah diangkat dengan pegangan untuk mengatur makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com