Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Ukuran Kipas Angin Plafon Terbaik untuk Ruangan?

Kompas.com - 03/08/2023, 10:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih kipas angin plafon baru seharusnya cukup mudah. Namun, jika pernah menjelajahi lorong-lorong toko perlengkapan rumah tangga, Anda akan menyadari betapa banyaknya pilihan kipas angin plafon yang bisa dipilih, dari jenis hingga ukuran kipas. 

Ini merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan karena mempengaruhi seberapa baik kipas angin bekerja di ruangan

Baca juga: Ke Arah Mana Sebaiknya Kipas Angin Plafon Berputar?

Mempelajari cara kerja ukuran kipas angin plafon dapat membantu Anda memilih kipas angin terbaik untuk setiap ruangan di rumah.

Dikutip dari Hunker, Kamis (3/8/2023), berikut cara mengukur ukuran kipas angin plafon dan menentukan kipas yang cocok untuk ruangan. 

Dasar-dasar ukuran kipas angin plafon 

Ilustrasi kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit di ruangan. FREEPIK/MRSIRAPHOL Ilustrasi kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit di ruangan.
Kipas angin plafon tersedia dalam berbagai ukuran yang diukur berdasarkan diameternya, jarak dari satu sisi kipas ke sisi lainnya.

Ukuran kipas angin plafon yang umum adalah antara 73-154 sentimeter. Namun, Anda dapat menemukan beberapa kipas angin plafon yang lebih besar dan kecil jika diperlukan.

Ketinggian pemasangan kipas angin plafon juga bervariasi serta mempengaruhi sirkulasi udara dan efektivitas kipas angin. 

Baca juga: Memasang Kipas Angin Plafon di Kamar Tidur Tidak Baik, Kenapa?

Kipas angin plafon flush-mount tidak menggerakkan udara sebaik kipas angin plafon standar dengan downrod, tetapi flush-mount lebih baik untuk ruangan dengan plafon rendah karena tidak memakan banyak ruang.

Downrod untuk kipas angin plafon standar tersedia dalam berbagai ukuran panjang. Yang tepat untuk ruangan Anda pada akhirnya tergantung pada ketinggian plafon di ruangan tersebut.  

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Kipas Angin Plafon

Ukuran kipas angin plafon berdasarkan luas ruangan

Ukuran ruangan mempengaruhi seberapa besar kipas angin plafon yang dibutuhkan. Jika ukurannya terlalu kecil, kipas angin plafon tidak akan menciptakan pergerakan udara yang cukup dan Anda akan tetap merasa kepanasan.

Apabila ukuran kipas angin plafon terlalu besar, Anda akan mendapatkan terlalu banyak pergerakan udara, yang membuat ruangan menjadi tidak nyaman.

Mengetahui luas ruangan akan membantu Anda menentukan ukuran kipas angin plafon yang tepat untuk mendapatkan sirkulasi udara optimal.

Dimensi ruangan juga membantu menentukan ukuran kipas angin plafon terbesar yang harus dimiliki di ruangan tersebut untuk memastikan sapuan baling-baling kipas angin tidak terlalu besar.

Saat menentukan ukuran kipas angin plafon yang tepat untuk ruangan, pastikan baling-baling kipas angin berjarak minimal 45 sentimeter dari dinding di semua sisi, idealnya dengan kipas angin yang berada di tengah ruangan.

Itu berarti ruangan Anda harus setidaknya 91 sentimeter lebih lebar dan panjang dari kipas angin plafon untuk menyisakan 45 sentimeter di keempat sisinya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kipas Angin Plafon yang Berdebu 

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com