Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menata Barang-barang di Rumah

Kompas.com - 28/07/2023, 09:41 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga setiap barang tetap teratur [enting dilakukan agar rumah terasa nyaman serta rapi. 

Namun, menata barang-barang di rumah tak jarang sulit dilakukan dan membutuhkan banyak waktu. Untungnya, ada metode efektif menjaga barang-barang dan menghindari pengaturan yang tidak tepat. 

Dikutip dari The Simplicity Habit, Jumat (28/7/2023), berikut sejumlah kesalahan yang harus dihindari saat menata barang-barang di rumah. 

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Menata Barang di Ruang Kecil

Membeli wadah dan pengatur terlebih dahulu

Ilustrasi membereskan barang-barang di rumahShutterstock Ilustrasi membereskan barang-barang di rumah
Jika membeli wadah dan pengatur terlebih dahulu, kemungkinan besar Anda akan membeli terlalu banyak barang serta ukuran yang salah.

Untuk itu, lakukan decluttering untuk meminimalkan barang sebagai langkah awal, lalu ukur ruang guna menemukan pengatur yang sesuai dan dapat mengakomodasi barang-barang.

Meletakkan barang di tempat yang sulit dijangkau

Ini menjadi kesalahan yang harus dihindari saat menata barang-barang di rumah. Pertimbangkan bagaimana Anda menggunakan ruang dan barang yang digunakan secara teratur.

Sistem pengaturan terbaik adalah sistem yang praktis serta mudah dikelola. Contohnyaa, jika jarang menggunakan stand mixer di dapur, sebaiknya pindahkan ke ruangan lain.

Namun, apabila menggunakannya setiap minggu, tempatkan di dapur agar lebih mudah dijangkau.

Baca juga: 7 Tips Menata Barang di Rumah Kecil agar Tetap Teratur

Mencoba melakukan terlalu banyak hal sekaligus

Menata rumah membutuhkan waktu. Karena itu, sebaiknya hindari melakukan semuanya sekaligus. Dengan terburu-buru dalam melakukan proses ini, ada kemungkinan berakhir frustrasi dan rumah menjadi lebih tidak terorganisasi.

Buat rencana mengatasi kekacauan dan menjadi terorganisasi untuk seterusnya. Sebagai contoh, Anda bisa memilih fokus pada satu ruangan setiap akhir pekan atau mendedikasikan satu jam setiap hari untuk mengatur ruangan.

 

Baca juga: 5 Cara Menambahkan Tempat Penyimpanan ke Ruang Makan 

Tidak menggunakan label

Ilustrasi merapikan rumah, merapikan barang di rumah. SHUTTERSTOCK/MAXIMILIAN100 Ilustrasi merapikan rumah, merapikan barang di rumah.
Selanjutnya, kesalahan yang harus dihindari saat menata barang-barang di rumah adalah tidak menggunakan label. Label sangat berguna untuk mengatur barang-barang di rumah.

Dengan mengetahui jelas di mana letak baran, atau apa yang ada di dalam sebuah kotak penyimpanan, Anda bisa lebih mudah menyimpan barang di tempat yang seharusnya.

Di samping itu, label juga membantu Anda menemukan barang yang dibutuhkan dengan cepat. Namun, bukan berarti harus memberi label pada setiap barang. Beri label pada area yang paling penting dan tentukan jumlah label yang tepat. 

Baca juga: 5 Barang Ini Tidak Boleh Disimpan di Meja Dapur, Ini Alasannya

Mempertahankan barang-barang yang tidak dibutuhkan

Terkadang tidak mudah menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi memiliki fungsi dalam kehidupan sehari-hari, seperti pakaian yang sudah tidak muat atau tumpukan buku resep makanan.

Mencari tahu apa yang tidak perlu disimpan dan menyingkirkannya akan sangat membantu menata rumah. Dengan menghilangkan kekacauan yang tidak diperlukan dan mengosongkan ruang untuk barang-barang yang benar-benar dibutuhkan, akan lebih mudah menata rumah sehingga tetap teratur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com