Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2023, 13:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Blender adalah peralatan elektronik serbaguna yang dapat digunakan untuk membuat jus, smoothie, menghaluskan makanan, hingga bumbu dapur. Blender akan mencairkan satu set bahan dalam hitungan detik, idealnya meninggalkan konsistensi yang rata, tanpa gumpalan yang terlihat.

Masalahnya adalah, banyak orang kerap melakukan kesalahan menggunakan blender yang membuat kekacauan hingga alat cepat rusak.

Dilansir Tom's Guide, Senin (24/7/2023), kesalahan menggunakan blender dapat menyebabkan kekacauan lengket hingga kerusakan yang tidak dapat diperbaiki dan mempersingkat masa pakai blender.

Baca juga: Cara Membersihkan Blender Kurang dari Satu Menit dan Secara Menyeluruh

Ilustrasi blender.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi blender.

Berikut beberapa kesalahan menggunakan blender yang harus dihindari.

1. Mengisi blender secara berlebihan

Ada garis maksimal pada blender karena suatu alasan. Isi hingga melewati titik ini dan blender tidak akan dapat secara efektif menghaluskan bahan-bahan.

Hal ini dapat membebani motor, yang memengaruhi masa pakai blender secara keseluruhan, dan dengan lebih sedikit ruang untuk memutar bahan, bilah dapat macet dalam prosesnya.

Selain itu, cairan dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada tutupnya, yang berpotensi menyebabkan kebocoran. Pada akhirnya, bahan-bahan tidak akan tercampur rata dan Anda tidak akan punya apa-apa selain kekacauan yang harus dibersihkan setelahnya.

Baca juga: 3 Cara Cepat Asah Pisau Blender dengan Bahan Sederhana

Jauh lebih baik untuk menggunakan blender untuk menghaluskan bahan dalam beberapa gelombang dan pastikan untuk selalu berada dalam kapasitas maksimum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com