Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2023, 20:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembaruan rumah hemat energi tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga dapat menghemat banyak uang dari waktu ke waktu.

Bahkan pembaruan kecil, seperti menukar bola lampu lama dengan versi LED, dapat membuat perbedaan besar dalam menghemat tagihan listrik

Baca juga: Menyalakan AC Saat Tidak di Rumah Dapat Menghemat Listrik, Betulkah?

Meski perubahan skala besar, seperti mengganti jendela atau menambahkan insulasi membantu mengurangi konsumsi energi dalam jangka panjang, banyak pembaruan hemat energi yang bisa dilakukan dalam satu hari atau kurang.

Di bawah ini, beberapa cara menghemat tagihan listrik di rumah dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (11/7/2023). 

Beli peralatan hemat energi

Ilustrasi peralatan elektronik dapur. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi peralatan elektronik dapur.
Peralatan elektronik besar adalah menyedot energi terbesar ketiga di rumah setelah pemanas, pendingin, dan pemanas air.

Ganti peralatan yang sudah usang dengan model baru yang efisien. Dalam jangka panjang, mengganti peralatan lama akan membantu menghemat tagihan listrik dan menjaga lingkungan.

Model berkualifikasi Energy Star memiliki berbagai efisiensi, jadi pilih model yang paling efisien. 

Baca juga: 6 Ide Penyimpanan Bumbu di Dapur Kecil untuk Menghemat Ruang

Gunakan sensor hunian

Selanjutnya, cara menghemat tagihan listrik di rumah adalah menggunakan sensor hunian. Matikan lampu saat meninggalkan ruangan.

Jika hal ini sulit Anda dan anggota keluarga lakukan, belilah lampu dengan sensor okupansi yang secara otomatis mati saat tidak ada pergerakan selama beberapa waktu.

Pertimbangkan sakelar peredup yang memungkinkan Anda mengurangi pencahayaan saat  tidak membutuhkannya dan memiliki sensor okupansi. Peredup mudah menggantikan sakelar biasa dan tetap terlihat sederhana.

Cabut semua peralatan elektronik 

Ilustrasi stopkontak.SHUTTERSTOCK/Kateryna Artsybasheva Ilustrasi stopkontak.
Membiarkan gadget dan kabel pengisi daya tetap terpasang saat tidak digunakan dapat menyumbang 10 persen dari penggunaan energi rumah.

Mencabut perangkat yang tidak digunakan dapat membuat perbedaan besar pada tagihan energi Anda. Sebagai gantinya, colokkan perangkat ke soket listrik yang dapat Anda matikan saat tidak digunakan. Ingatlah mencabut peralatan yang bisa saat meninggalkan rumah. 

Baca juga: Menyalakan AC Saat Tidak di Rumah Dapat Menghemat Listrik, Betulkah?

Gunakan air dingin untuk mencuci pakaian

Mencuci pakaian dengan air dingin juga menjadi salah satu cara menghemat tagihan listrik di rumah. Menggunakan air dingin berarti Anda tidak perlu membuang energi untuk menyalakan pemanas air.

Pada bulan-bulan cuaca panas, jemur cucian di luar ruangan alih-alih menggunakan mesin pengering. Mengurangi penggunaan pengering dapat menghemat tagihan listrik hingga Rp1,5 juta tahun.

Selain itu, menjemur pakaian lebih mudah dilakukan sehingga dapat menghemat biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk keausan. 

Baca juga: 8 Cara Menghemat Ruang di Dapur Kecil dengan Lebih Efiesien

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com