Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini 4 Cara Mendekorasi Dapur Industrial

Kompas.com - 06/07/2023, 18:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya industiral telah populer dan menyebar di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. 

Gaya industrial hampir ditemukan dalam semua situasi. Gay ini tidak hanya digunakan di perkantoran, bisnis, dan restoran, tapi juga masuk ke rumah-rumah atau hunian.  

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Bergaya Industrial yang Dapat Diterapkan di Rumah

Gaya industrial dimulai pada 50-an di Amerika Serikat ketika para seniman mencari pabrik-pabrik yang terbengkalai untuk ditinggali dan digunakan sebagai tempat tinggal.

Sungguh, ini adalah gaya yang sangat mudah. Gaya industrial memberikan banyak desain dan kepribadian pada setiap area. Hal terbaik tentang gaya ini adalah sangat sederhana, hampir semua hal bisa digunakan.

Salah satu ciri khas dari gaya industrial adalah mengekspos material struktural, termasuk beton, besi, dan logam lainnya.

Di sisi lain, elemen dekoratif yang digunakan dalam gaya industrial bisa berasal dari barang bekas hingga barang daur ulang atau yang lainnya dengan tampilan lebih modern dan Avant-guard.

Biasanya, gaya industrial banyak diterapkan pada ruang keluarga, tapi dapur juga bisa mendapat suntikan arsitektur ini.  

Gaya industrial mudah dimasukkan ke dapur karena sangat fungsional dan memungkinkan Anda menggunakan kembali barang-barang lama. Ini adalah gaya yang transparan serta tak lekang waktu.  

Nah, apabila tertarik memasukkannya, berikut cara mendekorasi dapur industrial di rumah dikutip dari Decor Tips, Kamis (6/7/2023). 

Baca juga: 4 Ide Interior Rumah dengan Konsep Industrial

Warna

Ilustrasi dapur industrial.Shutterstock/NataliaLavrivNedashkivska Ilustrasi dapur industrial.
Warna yang mendominasi gaya industrial adalah warna-warna gelap, seperti  hitam dan abu-abu.

Jika Anda khawatir warna akan terlalu gelap di dapur, Anda bisa menambahkan warna pada beberapa hal. Misalnya, teko kopi stainless steel merah atau menggunakan taplak meja berwarna cerha. 

Kitchen island 

Kitchen island selalu merupakan ide  bagus jika ingin memiliki lebih banyak ruang kerja dan penyimpanan di dapur.

Untuk mendekorasi dapur industrial, kitchen island berbahan kayu dan besi akan sangat cocok. Selain dekoratif, kitchen island dengan material ini sangat fungsional serta memberi Anda permukaan kerja ekstra. 

Baca juga: Dapur Vs Kamar Mandi, Mana yang Paling Banyak Kuman?

Pencahayaan

Selanjutnya, cara mendekorasi dapur industrial adalah menghadirkan pencahayaan. Seperti diketahui, pencahayaan adalah sesuatu yang sangat penting di dapur industrial. Untuk membuat area menonjol, disarankan menggunakan lampu metalik.

Anda bisa meletakkan lampu dengan tiga lampu di atas area kerja atau meja makan guna membuat dapur industrial tampak unik. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com