Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memperpanjang Umur Musang agar Hidup Lebih Lama

Kompas.com - 06/07/2023, 08:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan anjing dan kucing, memelihara musang menjadi hal menyenangkan sekaligus penuh tantangan.

Pasalnya, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui, termasuk berapa lama musang hidup. Umur musang bergantung pada beberapa faktor, seperti berat badan, pola makan, dan susunan genetik.

Meski tidak dapat mengontrol semua elemen ini, Anda dapat memberikan perawatan terbaik bagi musang sehingga dapat hidup sehat dan lebih lama. 

Baca juga: 7 Jenis Musang Berdasarkan Warna, dari Albino sampai Hitam

 

Ekspektasi umur musang

Ilustrasi musang.Shutterstock/Couperfield Ilustrasi musang.
Dilansir dari Love to Know Pets, Kamis (6/7/2023), musang peliharaan rata-rata dapat hidup antara lima hingga sembilan tahun. Namun, musang dapat hidup lebih dari itu dengan perawatan tepat.

Musang memiliki umur yang sama dengan marmut dan hidup sedikit lebih lama daripada hewan pengerat kecil, seperti hamster dan tikus, tapi musang tidak hidup selama kelinci atau chinchilla.

Perlu diketahui, musang tertua yang diketahui dilaporkan hidup sampai usia 14 tahun. 

Baca juga: Mengapa Musang Berbau Busuk dan Bagaimana Mengatasinya?

Faktor yang mempengaruhi umur musang

Jika mencoba memprediksi dengan tepat berapa lama musang hidup, Anda kurang beruntung. Sangat sulit mengatakan dengan pasti karena ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi umur musang seperti berikut ini.

  • Lingkungan.
  • Tingkat aktivitas.
  • Pengayaan mental.
  • Pola makan.
  • Berat badan.
  • Genetika

Apa yang dimaksud dengan "tua" untuk seekor musang? Sebagian besar dokter hewan menganggap musang sebagai musang senior setelah usia tiga tahun. 

Baca juga: Waspada, Ini 6 Penyebab Bulu Musang Rontok

Apakah musang tidak hidup lebih lama lagi?

Ilustrasi musang.Shutterstock/Irina Vasilevskaia Ilustrasi musang.
Sayangnya, musang tidak hidup selama dulu. Hal ini kemungkinan besar disebabkan  perkawinan sedarah dan fakta bahwa  hewan peliharaan ini dikembangbiakkan untuk kepribadian mereka daripada untuk kesehatan.

Namun, di sisi lain, kedokteran hewan terus berkembang sehingga kita memiliki lebih banyak diagnostik untuk mengidentifikasi penyakit lebih awal daripada tahun-tahun sebelumnya dan perawatan untuk hewan peliharaan kecil lebih mudah tersedia.  

Baca juga: Panduan Makanan Musang dan Nutrisi yang Dibutuhkan

Apakah musang hidup lebih lama di alam liar?

Musang liar hidup rata-rata satu hingga tiga tahun, umur yang jauh lebih pendek daripada musang peliharaan yang berumur lima sampai sembilan tahun.

Hal ini karena musang liar berisiko diburu predator, seperti elang, elang, rubah, dan anjing hutan. Manusia juga menginvasi habitat alami musang untuk tanaman, yang mempengaruhi harapan hidup atau umur musang. 

Akibatnya, musang berkaki hitam liar merupakan salah satu spesies paling terancam punah di Amerika Utara dan hanya ada sekitar 350 ekor yang tersisa. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Ruangan Bermain yang Aman untuk Musang Peliharaan

Cara memperpanjang umur musang

Ilustrasi musang.Shutterstock/Best dog photo Ilustrasi musang.
Tentu saja, pemilik musang peliharaan ingin musang hidup selamanya. Namun, meski tidak dapat menjamin selamanya, ada beberapa cara memperpanjang umur musang sehingga Anda dapat menghabiskan waktu bersama mereka selama mungkin.

1. Beri musang makanan karnivora berkualitas tinggi sehingga mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com