Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Perlu Melihat Bagian Dalam Oven Sebelum Membelinya

Kompas.com - 20/06/2023, 09:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat lebih dekat produk yang akan Anda miliki atau membelinya merupakan ide bagus, termasuk membeli oven

Dengan melihat lebih dalam, Anda memperoleh oven dalam kondisi bagus dan mengetahui produk lebih jauh. 

Baca juga: Tips Membersihkan Oven dengan Soda Kue dan Cuka

Jika oven andalanterlihat seperti korban bencana lahar atau membuat kehilangan selera makan, mungkin ini saatnya melihat ke dalam oven baru untuk melihat apa yang sedang dimasak.

Maka itu, Anda perlu memiliki beberapa wawasan dan saran yang akan membantu Anda mendapatkan oven terbaik menjadi lebih mudah. 

Nah, dikutip dari How Stuff Works, Selasa (20/6/2023). berikut lima alasan perlu melihat bagian dalam oven sebelum membelinya

Baca juga: 6 Bahan yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Oven Toaster, Apa Saja?

Pengaturan panggang variabel

Ilustrasi oven.UNSPLASH / JOSBRA design Ilustrasi oven.
Oven listrik konvensional biasanya memiliki pengaturan pemanggang tetap sekitar 200 derajat Celsius. Jika Anda memasak steak, itu tidak akan menjadi masalah, terutama jika semua steak memiliki ketebalan yang sama.

Apabila memanggang fillet salmon atau sayap ayam teriyaki, ledakan panas itu mungkin membuat makanan hangus di luar serta mentah di dalam.

Untuk mengatasi masalah ini, beberapa oven baru menawarkan pemanggang variabel yang memungkinkan Anda menyesuaikan panasnya dengan kebutuhan.

Jika ingin membawa pekerjaan memanggang ke dalam ruangan selama bulan-bulan musim dingin, ini adalah salah satu fitur yang dapat membantu Anda menciptakan kembali kesuksesan memanggang di luar ruangan tanpa harus mengenakan pakaian panjang. 

Baca juga: Catat, Ini 6 Cara Mencegah Kebakaran Oven

Pengaturan rak

Selanjutnya, alasan perlu melihat bagian dalam oven sebelum membelinya adalah pengaturan rak. Oven konvensional menggunakan panas radiasi untuk memasak makanan.

Itu berarti penempatan makanan merupakan pertimbangan penting saat menentukan waktu memasak: kematangan, tekstur, dan kadar air makanan yang dipanggang, seperti kulit pai, adonan pizza, dan roti, bergantung pada bagian mana di dalam oven yang Anda letakkan piring atau wajan.

Pernahkah Anda membaca resep yang menginstruksikan untuk meletakkan pai atau casserole di rak oven bagian tengah hanya untuk menemukan bahwa penyangga rak di oven terlalu tinggi atau terlalu rendah?

Jika bagian dalam oven hanya dapat diakses dengan panci tinggi, yang Anda butuhkan adalah oven dengan pengaturan rak lebih banyak.

Sekarang ini tidak sulit menemukan oven dengan lima rak atau lebih, jadi bukalah pintu oven dan lihatlah.  

Baca juga: 5 Fitur yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Oven Baru

Jendela kaca

Ilustrasi oven.UNSPLASH / Erik Mclean Ilustrasi oven.
Membeli oven dengan pintu depan yang kokoh berarti setiap kali ingin memeriksa kematangan masakan, Anda harus membuka pintunya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com