Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Goresan di Furnitur Kayu Pakai Kayu Manis Bubuk

Kompas.com - 19/06/2023, 10:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Goresan pada furnitur kayu merupakan pemandangan yang tidak sedap dipandang. Goresan dan keausan dapat mulai membuat furnitur kayu terlihat lapuk atau kotor dan tidak bergaya vintage dan estetis.

Namun demikian, ada cara menghilangkan goresan di furnitur kayu menggunakan bumbu dapur yang mungkin sudah Anda miliki, yakni kayu manis bubuk.

Dikutip dari House Digest, Senin (19/6/2023), taburan sederhana kayu manis bubuk dapat membantu mengisi penyok, goresan, dan bekas luka pada furnitur kayu. Warna kayu manis kecoklatan-oranye yang bersahaja dan hangat juga akan mengembalikan warna asli furnitur kayu Anda yang cerah.

Baca juga: Cara Membersihkan Furnitur Kayu agar Tahan Lama

Ilustrasi kayu manis, kayu manis bubuk. SHUTTERSTOCK/YETI STUDIO Ilustrasi kayu manis, kayu manis bubuk.

Ambil sedikit kayu manis bubuk dari rak bumbu, taburkan secara bebas di tempat goresan. Kemudian, gosok dengan jari atau tisu dapur.

Anda akan segera melihat warna khas kayu manis yang kaya menggelapkan setiap goresan pada furnitur kayu. Bersihkan kelebihannya dan ulangi sampai Anda puas dengan hasil akhir.

Ada bonus tambahan untuk proses ini bagi siapa pun yang memiliki kucing peliharaan. Aroma bubuk kayu manis menjijikkan bagi kucing, tetapi tidak beracun bagi mereka.

Hal yang perlu diperhatikan

Meskipun kayu manis dapat membuat goresan kecil pada furnitur kayu tidak terlihat, bumbu aromatik ini memiliki batasnya. Kayu manis tidak akan memperbaiki kerusakan atau mengembalikan pernis.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Furnitur Kayu dari Berbagai Noda

Jika ada goresan yang cukup besar di furnitur kayu, kkekuatan penggelapan kayu manis hanya akan menutupi kerusakan. Juga, trik ini bekerja paling baik pada furnitur kayu asli dan tidak efektif pada kayu laminasi atau imitasi.

Karena itu, ini adalah trik yang bagus untuk diingat untuk perbaikan kecil. Anda mungkin tidak selalu memiliki akses ke peralatan perbaikan kayu, tetapi Anda hampir dapat menjamin setidaknya akan ada sejumput kayu manis di rumah jika mengalami keadaan darurat furnitur kayu tergores.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com