Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Lantai dan Furnitur Kayu dengan Bahan Alami

Kompas.com - 06/11/2022, 18:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan permukaan kayu, baik lantai maupun furnitur, di rumah menjadi pekerjaan yang malas dilakukan. 

Padahal, hal ini penting dilakukan untuk menjaga furnitur dan lantai kayu tetap bersih dan bebas demu, menjaga kualitas kayu, serta mempepanjang usia penggunaan. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Furnitur Kayu Tetap Berkilau dan Tahan Lama

Namun, kayu adalah salah satu material yang sulit dibersihkan karena tidak boleh terkena air. Sebagai solusi, banyak yang beralih ke produk pembersih kayu komersial yang penuh dengan bahan kimia keras. 

Padahal, menurut Environmental Working Group's Guide to Healthy Cleaning, salah satu produk pembersih kayu paling terkenal mengandung bahan-bahan yang menyebabkan kekhawatiran terhadap biodegradasi, toksisitas air, polusi udara, serta kesehatan manusia.

Karena itu, sebaiknya membersihkan furnitur kayu dengan cara kuno alias menggunakan bahan-bahan alami seperti cuka dan minyak zaitun.

Nah, dikutip dari Treehugger, Minggu (6/11/2022), berikut cara membersihkan lantai dan furnitur kayu dengan bahan alami.  

Baca juga: 3 Pilihan Lantai Kayu untuk Rumah yang Sesuai dengan Gaya dan Anggaran 

Ilustrasi membersihkan furnitur kayu. SHUTTERSTOCK/BEN BRYANT Ilustrasi membersihkan furnitur kayu.

Alat dan bahan yang digunakan  

  • 118 mililiter cuka putih atau sari apel
  • 59 mililiter minyak zaitun
  • Satu sendok makan jus lemon (opsional)
  • 20-30 tetes minyak esensial lavender (opsional)
  • 35 mililiter lilin lebah atau alternatif vegan seperti carnauba atau candelilla
  • 354 mililiter minyak biji rami atau kenari
  • Air secukupnya
  • Enam kain katun mikrofiber atau bebas serat
  • Mangkuk atau botol semprot 

Baca juga: 5 Bahan yang Dapat Menghilangkan Noda Air pada Furnitur Kayu

Bersihkan debu dengan kain basah 

Langkah pertama adalah membersihkan debu dan kotoran dari permukaan kayu dengan kain lembap. Karena air yang terendam dapat merusak kayu, sebaiknya segera lap basah dengan kain kering.

Cara ini cukup untuk membersihkan debu secara teratur, tetapi pembersihan mendalam—untuk menghilangkan kotoran dan noda, misalnya—memerlukan sedikit kerja ekstra. 

Buat pembersih kayu sendiri 

Ilustrasi lantai vinyl, Ilustrasi membersihkan lantai vinil.SHUTTERSTOCK / appleyayee Ilustrasi lantai vinyl, Ilustrasi membersihkan lantai vinil.
Minyak zaitun dan cuka adalah bahan pembersih alami dan lembut yang sepenuhnya aman untuk membersihkan permukaan kayu dan digunakan di rumah.

Asam asetat dalam cuka menggali lebih dalam untuk mengangkat kotoran, bahkan noda, tanpa menggosok dengan keras. Namun, hindari menggunakan cuka sendiri karena keasamannya benar-benar dapat merusak lapisan pelindung.  

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Furnitur Kayu, Pakai Pasta Gigi hingga Mayones

Minyak zaitun dapat melembapkan dan memelihara kayu serta membantu mengeluarkan kilau alaminya. Karena itu, bisa dikombunasikan dengan cuka.

Gabungkan cuka dan minyak zaitun sesuai dengan jumlah yang telah disiapkan, lalu tambahkan satu sendok makan air lemon segar atau 30 tetes minyak esensial lavender untuk aroma segar.

Tanpa tambahan pewangi, larutan cuka akan tercium kuat hanya beberapa menit, kemudian bau tersebut akan hilang. 

Baca juga: 7 Keuntungan Menggunakan Lantai Kayu di Dapur 

Aplikasikan larutan pada permukaan kayu

Simpan larutan pembersih dalam mangkuk atau pindahkan ke botol semprot untuk diaplikasikan. Semprotkan campuran langsung ke permukaan kayu atau aplikasikan dengan kain.

Bila menggunakan kain, gosok campuran mengikuti serat kayu alami. Anda tidak perlu banyak menggosok serta biarkan cuka bekerja pada kotoran dan noda.

Halaman:
Sumber Treehugger
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com