Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Karat Pakai Cuka dan Baking Soda

Kompas.com - 13/06/2023, 13:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Karat adalah salah satu masalah yang lazim terjadi pada berbagai benda dan peralatan di rumah. Namun, karat bisa dihilangkan selama Anda mengambil langkah yang tepat untuk menghilangkan karat.

Karat adalah nama umum untuk jenis korosi yang sangat spesifik yang memengaruhi besi dan paduannya, kata Hubert Miles, inspektur bersertifikat dan pemilik Home Inspection Insider, dikutip dari House Beautiful, Selasa (13/6/2023).

Dalam paparan uap air dan oksigen, besi bereaksi untuk membentuk zat coklat kemerahan yang rapuh yang kita sebut karat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Karat dari Pakaian

Ilustrasi panci aluminium berkarat, karat pada panci aluminium.SHUTTERSTOCK/AKINTEVS Ilustrasi panci aluminium berkarat, karat pada panci aluminium.

Kesalahan umum yang dilakukan saat menghilangkan karat termasuk menggunakan bahan kimia yang terlalu keras, seperti asam klorida dan pemutih klorin, dan tidak membersihkan dan mengeringkan permukaan logam secara menyeluruh setelah karat dihilangkan, yang dapat menyebabkan karat muncul kembali, tutur Miles.

Selain itu, sabut wol baja cocok untuk tugas pembersihan berat tetapi mungkin bukan pilihan terbaik untuk permukaan yang halus atau mudah tergores, jelasnya.

Jika Anda memiliki karat berskala besar, tugas tersebut kemungkinan besar akan melibatkan amplas untuk menghilangkannya, tutur kontraktor Jay Sanders, pemilik Castle Dream Construction, sebuah perusahaan renovasi rumah di Baltimore, AS.

Dia menyarankan untuk memulai dengan menggunakan amplas orbital sander untuk menghilangkan karat, memastikan untuk masuk cukup dalam untuk menghilangkan benda merah kecoklatan dan memperhatikan sudut dan sisi ramping tempat karat dapat bersembunyi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Karat di Kloset, Bisa Pakai Bumbu Dapur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com