Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghilangkan Karat Pakai Cuka dan Baking Soda

JAKARTA, KOMPAS.com - Karat adalah salah satu masalah yang lazim terjadi pada berbagai benda dan peralatan di rumah. Namun, karat bisa dihilangkan selama Anda mengambil langkah yang tepat untuk menghilangkan karat.

Karat adalah nama umum untuk jenis korosi yang sangat spesifik yang memengaruhi besi dan paduannya, kata Hubert Miles, inspektur bersertifikat dan pemilik Home Inspection Insider, dikutip dari House Beautiful, Selasa (13/6/2023).

Dalam paparan uap air dan oksigen, besi bereaksi untuk membentuk zat coklat kemerahan yang rapuh yang kita sebut karat.

Kesalahan umum yang dilakukan saat menghilangkan karat termasuk menggunakan bahan kimia yang terlalu keras, seperti asam klorida dan pemutih klorin, dan tidak membersihkan dan mengeringkan permukaan logam secara menyeluruh setelah karat dihilangkan, yang dapat menyebabkan karat muncul kembali, tutur Miles.

Selain itu, sabut wol baja cocok untuk tugas pembersihan berat tetapi mungkin bukan pilihan terbaik untuk permukaan yang halus atau mudah tergores, jelasnya.

Jika Anda memiliki karat berskala besar, tugas tersebut kemungkinan besar akan melibatkan amplas untuk menghilangkannya, tutur kontraktor Jay Sanders, pemilik Castle Dream Construction, sebuah perusahaan renovasi rumah di Baltimore, AS.

Dia menyarankan untuk memulai dengan menggunakan amplas orbital sander untuk menghilangkan karat, memastikan untuk masuk cukup dalam untuk menghilangkan benda merah kecoklatan dan memperhatikan sudut dan sisi ramping tempat karat dapat bersembunyi.

Selesaikan pekerjaan dengan amplas halus untuk menghaluskan area yang tidak rata, kata Sanders.

Jika Anda akan menghilangkan karat pada barang yang lebih kecil, Anda bisa menggunakan bahan yang sudah ada di dapur.

Willow Wright, pemilik Urban Redeux Vintage di Alexandria, Virginia, AS menjelaskan cara menghilangkan karat pada benda logam kecil atau area kecil logam.

Metode yang dipaparkan Wright membutuhkan penggosokan, tetapi solusi penghilang karat buatannya paling berhasil untuk Anda.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Cuka putih
  • Garam dapur
  • Wadah atau ember besar untuk merendam benda berkarat
  • Kuas atau spons
  • Bubuk soda kue atau baking soda

Cara menghilangkan karat pakai cuka dan baking soda

1. Persiapan

Berhati-hatilah saat menggunakan cuka karena memiliki bau yang kuat dan dapat menyebabkan iritasi jika terkena mata atau kulit Anda. Pastikan untuk bekerja di area yang berventilasi baik dan kenakan sarung tangan, saran Wright.

2. Buat larutan untuk menghilangkan karat

Tuang cuka putih secukupnya ke dalam wadah untuk merendam benda berkarat sepenuhnya.

Tambahkan garam secukupnya ke dalam cuka dan aduk sampai larut. Proporsi yang tepat tidak penting, bidik saja larutan yang jenuh dengan garam.

3. Rendam benda berkarat

Masukkan benda berkarat ke dalam wadah, pastikan benda tersebut benar-benar terendam dalam larutan cuka dan garam.

Jika benda terlalu besar untuk terendam seluruhnya, Anda dapat merendam kain atau tisu dapur ke dalam larutan dan membungkusnya di sekitar area yang berkarat.

4. Biarkan benda terendam

Biarkan benda berkarat terendam dalam larutan selama beberapa jam atau semalaman. Ini akan memberi cukup waktu bagi cuka dan garam untuk bereaksi dengan karat dan melonggarkannya di permukaan.

5. Gosok karat

Setelah direndam, ambil sikat logam atau sabut wol baja dan gosok area yang berkarat dengan kuat. Kombinasi garam dan cuka seharusnya dapat mengendurkan karat, sehingga lebih mudah dihilangkan.

Lanjutkan menggosok sampai karat hilang atau berkurang secara signifikan.

6. Netralkan asam

Setelah Anda menghilangkan karat, bilas benda dengan air bersih untuk menghilangkan residu cuka dan garam yang tersisa dan masukkan kembali ke dalam wadah dengan air bersih.

Tambahkan dua sendok makan soda kue. Jumlahnya bisa bervariasi tergantung pada volume air, tapi kira-kira satu cangkir per galon adalah pedoman umum.

Campur air dan soda kue secara menyeluruh, pastikan soda kue larut dengan baik. Soda kue akan menetralkan keasaman larutan, mengurangi sifat korosifnya.


Biarkan meresap selama 10 hingga 15 menit. Keringkan benda secara menyeluruh untuk mencegah pembentukan karat di kemudian hari.

6. Aplikasikan lapisan pelindung

Untuk mencegah karat di kemudian hari, pertimbangkan untuk mengaplikasikan lapisan pelindung, seperti cat atau pencegah karat, pada permukaan benda yang telah dibersihkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/13/134800576/cara-menghilangkan-karat-pakai-cuka-dan-baking-soda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke