Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Raih Peringkat idAAA dari Pefindo, Dinilai Penting dalam Sektor Perumahan

Kompas.com - 12/06/2023, 12:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih peringkat tertinggi idAAA/Stable dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) atas kinerja dan laporan keuangan perseroan per Desember 2022 dan Maret 2023.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan prestasi tersebut merupakan apresiasi atas kerja keras perseroan dalam meningkatkan kinerja, terutama usai era pandemi.

"Predikat tersebut merupakan catatan sejarah bagi BTN karena pertama kali meraih peringkat tertinggi Pefindo idAAA. Kami akan terus meningkatkan kinerja demi mendukung pencapaian target bisnis dan penyediaan rumah bagi masyarakat Indonesia," ujar Nixon dalam siaran pers, Senin (12/6/2023).

Baca juga: Dirut Baru BTN Direstui OJK, Perkuat Misi Jadi Bank Pembiayaan Rumah Terbaik

Ilustrasi KPR.SHUTTERSTOCK/BELOZU Ilustrasi KPR.
Adapun, Pefindo menyematkan peringkat idAAA kepada BTN atas data dan laporan keuangan perseroan per 31 Maret 2023 dan 31 Desember 2022.

BTN juga dinilai Pefindo sebagai perusahaan yang memiliki kemampuan superior untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya dibandingkan obligor Indonesia lainnya.

"Obligor berperingkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Pefindo," tulis Direktur Utama Pefindo Irmawati.

Sementara itu, BTN tahun ini juga mencatatkan kenaikan peringkat Fitch dari AA menjadi AA+. BTN pun disematkan prospek stabil oleh Fitch atas dukungan pemerintah yang kuat serta peran perseroan dalam perekonomian Indonesia.

Baca juga: BTN Bakal Gelar Akad Massal 10.000 KPR dalam Satu Hari

Dalam siaran persnya, belum lama ini, Fitch Rating memaparkan kenaikan peringkat nasional BTN didorong oleh posisi perseroan yang menduduki peringkat kelima sebagai bank komersial dengan aset terbesar di Indonesia.

Posisi tersebut, menurut Fitch, membuat pemerintah akan cenderung memberikan dukungan yang diperlukan oleh BTN, terlebih perseroan merupakan bank yang berperan dalam program pemerintah untuk perumahan yang lebih terjangkau.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com