Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Kaktus yang Tidak Membutuhkan Banyak Perawatan

Kompas.com - 11/06/2023, 08:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Pink Villa

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaktus termasuk dalam tanaman hias dengan perawatan rendah. Kaktus tidak hanya membawa keunikan tersendiri pada dekorasi rumah, tapi juga dapat menyegarkan pikiran, tubuh, dan jiwa lewat warna serta teksturnya. 

Sebagai salah satu jenis sukulen, kaktus menjadi pusat perhatian para penggemar tanaman hias karena kulitnya yang berduri dan penampilannya yang bengkok.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Organik Cair untuk Kaktus, Pakai Kotoran Hewan 

Jika Anda menyukai tanaman kaktus yang tidak biasa dan tidak membutuhkan banyak perawatan atau pemeliharaan, berikut jenis kaktus yang tidak membutuhkan banyak perawatan dan dapat mempercantik rumah dilansir dari Pink Villa, Minggu (11/6/2023).

Kaktus angel wing

Ilustrasi kaktus angel wings.Shutterstock/Cassia.wallflower Ilustrasi kaktus angel wings.

Kaktus angel wing juga dikenal dengan sebutan telinga kelinci karena bentuknya yang lucu. Kaktus angel wing merupakan kaktus pir berduri yang memiliki kelompok rambut putih dan terdistribusi secara halus sebagai pengganti duri yang tajam.

Opuntia microdasys adalah nama botani tanaman ini dan berasal dari Meksiko. Kaktus yang lucu ini bisa diletakkan di atas meja di ruang tamu.  

Baca juga: Kapan Harus Memberi Pupuk Tanaman Kaktus? Ini Panduannya

Kaktus rickrack

Selanjutnya, jenis kaktus yang tidak membutuhkan banyak perawatan adalah kaktus rickrack. Berasal dari hutan hujan Meksiko, kaktus rickrack merupakan salah satu jenis kaktus terindah yang hanya membutuhkan cahaya tidak langsung untuk mekar dan tumbuh indah.

Warna hijau cerah dan desain zig-zagnya mudah dipadukan dengan segala jenis interior dan berfungsi sebagai penarik perhatian.

Letakkan di dalam pot putih dan biarkan kaktus rickrack menonjolkan tampilan rumah Anda. 

Baca juga: 6 Area di Rumah yang Tidak Boleh Diletakkan Tanaman Kaktus, Kenapa?

 

Kaktus Natal

Ilustrasi tanaman hias Christmas cactus. SHUTTERSTOCK/VANESSAL Ilustrasi tanaman hias Christmas cactus.
Kaktus Natal atau Christmas tidak memiliki duri, bahkan telah berkembang menjadi tanaman berbunga. Kaktus Natal memiliki daun tersegmentasi yang menawan dan halus dengan duri melengkung halus.

Ini juga menjadi jenis kaktus yang tidak membutuhkan banyak perawatan dan berubah menjadi bunga berbentuk tabung berwarna pink, oranye, dan putih selama musim liburan.

Tanaman kaktus Natal membutuhkan suhu lembap dan sedikit lebih banyak air dibanding varietas lainnya. 

Baca juga: Jangan Biarkan Tanaman Kaktus Kehujanan, Mengapa?

Kaktus bulan

Ilustrasi kaktus bulan.Shutterstock/Yuttana Joe Ilustrasi kaktus bulan.
Kaktus bulan adalah tambahan bagus untuk dekorasi rumah karena warnanya yang cerah. Tanaman hibrida ini terdiri atas dua jenis kaktus yang disatukan.

Selain itu, umur simpannya cukup kecil daripada jenis kaktus lainnya. Kaktus bulan hanya membutuhkan sinar matahari tidak langsung karena terlalu banyak sinar matahari mudah merusaknya.

Kaktus yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki penampilan yang cerah sehingga bisa mempercantik tampilan rumah.

Bawalah kaktus-kaktus yang mengagumkan ini ke tempat tinggal Anda dan percantik dekorasi rumah dengan cemerlang tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. 

Nah, itu dia sejumlah kaktus yang tidak membutuhkan banyak perawatan. Anda tertarik menanam dan merawat jenis kaktus yang mana? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com