Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Dapur

Kompas.com - 04/06/2023, 18:17 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu ruangan paling sibuk di rumah. Selain  menyiapkan makanan, dapur juga menjadi tempat berkumpul bersama keluarga sehingga ruangan ini dapat menyimpan berbagai macam barang.

Terlalu banyak barang dapat membuat ruangan mudah berantakan. Untuk memaksimalkan ruang di dapur, ada sejumlah barang yang sebaiknya tidak disimpan di ruangan ini. 

Dilansir dari The Spruce, Minggu (4/6/2023), berikut enam barang yang sebaiknya tidak disimpan di dapur.

Baca juga: Simak, 4 Tanda Anda Menyia-nyiakan Ruang di Dapur dan Solusinya

Terlalu banyak dekorasi

Ilustrasi dapur vintage.Shutterstock/2M media Ilustrasi dapur vintage.
Dapur merupakan ruang menyiapkan makanan dan sebaiknya didesain dengan mengutamakan fungsionalitas. Gunakan barang dekoratif secukupnya agar tidak menghabiskan ruang di meja dapur dan permukaan lain.

Pilih hiasan dinding, karya seni, warna dinding yang menarik, atau wallpaper untuk menambahkan sedikit sentuhan personal tanpa memenuhi meja dengan barang-barang yang tidak perlu.

Baca juga: 7 Dekorasi Dapur yang Perlu Dihindari Menurut Ahli

Perlengkapan pembersih

Jessica Samson, cleaning expert di perusahaan pembersih rumah The Maids, mengatakan perlengkapan pembersih sebaiknya dijauhkan dari dapur karena sebagian besar larutan pembersih mengandung bahan kimia berbahaya atau beracun yang harus dijauhkan dari area di mana Anda menyiapkan dan menyantap makanan," kata 

Kristal dan porselen

Lisa Cantu, professional organizer dan pemilik perusahaan home organization An Organizer Home OC mengatakan jauhkan kristal dan porselen dari dapur dan gunakan ruang yang berharga itu untuk barang sehari-hari.

Menurutnya, kristal dan porselen tidak hanya menghabiskan ruang di dapur, tapi juga berisiko lebih tinggi untuk rusak atau kotor. 

Sebagai gantinya, ia menyarankan menyimpan benda-benda tersebut di dalam lemari penyimpanan di mana dapat dipajang baik

Baca juga: 6 Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan di Dapur Kecil

Buku resep masakan yang tidak digunakan

Ilustrasi dapur putih.Shutterstock/C Woods Photography Ilustrasi dapur putih.
"Kebanyakan orang mencari resep masakan secara online sehingga buku resep hanya menjadi tempat untuk menyimpan debu dan serangga," kata Amy Bloomer, professional organizer dan pemilik Let Your Space BLOOM, sebuah perusahaan pengorganisasian.

Pertimbangkan menyumbangkan buku-buku resep yang sudah tidak terpakai atau menyimpannya di rak buku di luar dapur.

Peralatan yang tidak terpakai

Dapur dapat menyimpan berbagai peralatan, dari mesin pembuat kopi hingga blender. Agar dapur tidak penuh sesak dengan peralatan dapur dan gadget, simpan barang-barang yang sering Anda gunakan di dapur. Pertimbangkan menyimpan barang-barang yang jarang digunakan di pantry.

Baca juga: Ternyata, Ini Bahan Meja Dapur yang Paling Tahan Lama

Peralatan makan ekstra

Jika memiliki peralatan makan ekstra seperti piring, mangkuk, gelas, atau peralatan makan yang tidak digunakan secara teratur, pertimbangkan menyumbangkannya atau menyimpannya di luar dapur untuk mengosongkan ruang.

Bufet, rak, lemari porselen, dan lemari penyimpanan lainnya merupakan tempat tepat untuk menyimpan barang-barang tersebut. Anda juga dapat menyimpannya di pantry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com