Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mencegah Kutu Daun Menyerang Tanaman

Kompas.com - 26/05/2023, 07:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu daun merupakan salah satu hama serangga yang biasa menyerang tanaman hias.

Kutu daun memiliki tampilan yang mudah dikenali dari tubuhnya yang kecil dan berbentuk seperti buah pir dengan warna berbeda-beda, seperti hijau muda, kuning, pink, coklat, dan putih.  

Baca juga: 5 Cara Membasmi Kutu Daun pada Tanaman Hias

Kutu daun cenderung berkumpul dalam jumlah besar sehingga serangan yang berkepanjangan lebih mudah diamati pada tanaman.

Kutu daun memakan getah tanaman dan menyebabkan banyak masalah pada daun serta cabang tanaman, di antaranya perubahan bentuk, keriting, pertumbuhan terhambat, atau daun rontok.

Kutu daun sangat tangguh dan banyak spesies tanaman rentan terhadap serangan hama serangga ini.

Maka itu, penting memasukkan beberapa metode pencegahan dalam rutinitas perawatan tanaman untuk mencegah kutu daun meyerang tanaman hias kembali pada masa depan. 

Dikutip dari Rythm of the Home, Jumat (26/5/2023), berikut cara mencegah kutu daun menyerang tanaman.  

Baca juga: 10 Manfaat Tanah Diatom untuk Tanaman, Usir Tikus hingga Kutu Daun

Menggunakan predator alami 

Ilustrasi kutu daun.Shutterstock/nechaevkon Ilustrasi kutu daun.
Dengan memperkenalkan serangga yang bermanfaat di kebun, setiap potensi serangan kutu daun dapat dihentikan dengan baik.

Serangga, seperti lacewing dan kepik, adalah predator alami untuk mencegah kutu daun muncul. Biarakan serangga ini bekerja dengan menyediakan habitat yang tepat. 

Namun, tidak mudah memelihara populasi kepik yang cukup besar karena hanya larvanya yang memakan kutu daun. Sebaiknya, melepaskan kepik di kebun untuk mencegah kutu daun.  

Baca juga: Mengenal Hama Kutu Daun Persik pada Tanaman Cabai dan Cara Membasminya

Pilihan lain mencegah kutu daun adalah larva lacewing hijau. Ini adalah solusi pengendalian hama alami. Lihatlah paket telur lacewing lepas lambat yang akan menetas menjadi pembunuh kutu daun yang efektif.

Seperti halnya pemesanan serangga bermanfaat secara online lainnya, ada risiko masalah seperti telur tidak menetas atau serangga mati pada saat kedatangan.

Pertimbangkan hanya menggunakan merek tepercaya atau mengunjungi pembibitan lokal untuk menemukan serangga hidup terbaik untuk membasmi kutu daun

Baca juga: 8 Tanaman yang Bisa Membasmi Kutu Daun secara Alami

 

Menanam tanaman bermanfaat 

Selanjutnya, cara mencegah kutu daun menyerang tanaman adalah menanam tanaman bermanfaat. Beberapa tukang kebun menghindari menanam tanaman, seperti bawang merah dan bawang putih, di samping tanaman berbunga karena baunya yang menyengat.

Namun, tanaman aromatik ini bisa sangat membantu mencegah kutu daun menyerang tanaman. Efek perlindungan yang diberikan oleh bau menyengat dapat meluas ke tanaman lain di kebun sehingga mencegah serangan kutu daun.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com