Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melembutkan Handuk Kasar dan Keras Pakai Cuka

Kompas.com - 09/05/2023, 15:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Handuk yang baru saja dicuci biasanya akan terasa kaku dan kasar. Handuk kasar dan kaku biasanya terjadi akibat penumpukan deterjen dan pelembut kaku, lalu paparan sinar matahari saat dijemur.

Untuk melembutkan handuk kasar, maka handuk harus dicuci ulang untuk menghilangkan residu deterjen dan pelembut yang tertinggal.

Dikutip dari Express UK, Selasa (9/5/2023), menurut Susan Bull, seorang ahli kebersihan, untuk melembutkan handuk kasar, Anda bisa menggunakan cuka dan baking soda atau soda kue.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Handuk, Bahan hingga Jumlah

Ilustrasi handuk warna merah.SHUTTERSTOCK/XIAORUI Ilustrasi handuk warna merah.

Pertama, isi mesin cuci dengan handuk, baik handuk bersih atau kotor, dan setel suhu mesin cuci ke air panas atau siklus sanitasi.

Kemudian tambahkan secangkir cuka putih dengan menuangkannya di area tempat Anda biasa menuangkan sabun cuci. Jika mesin cuci tidak memiliki tempat khusus untuk menuangkan sabun cuci, tambahkan saja ke dalam tabung sebelum memasukkan handuk.

Bell mengimbau Anda untuk menghindari menambahkan pelembut kain atau deterjen, tetapi tetap menjalankan siklus cuci, bilas, dan peras seperti pada pencucian lainnya.

Pelembut kain mengandung silikon yang akan membuat handuk anti air, sehingga tidak akan mendapatkan hasil cucian yang baik.

Baca juga: 7 Tanda Perlu Mengganti Handuk

Bell menambahkan, jangan gunakan lembar pengering atau dryer sheet saat mencuci handuk. Pasalnya, cuka merupakan pelembut alami.

Saat handuk sudah selesai dicuci, Bell merekomendasikan untuk menjalankan siklus pencucian lagi, tetapi kali ini menambahkan secangkir soda kue ke beban cucian dengan cara yang sama seperti cuka ditambahkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com