Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2023, 19:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda atau anggota keluarga menderita alergi, maka perlu membersihkan rumah dengan cermat. Tentu saja tujuannya adalah untuk meminimalkan dan menghilangkan alergen atau zat pemicu reaksi alergi.

Nah, apa saja yang dapat dilakukan saat membersihkan rumah jika ada penderita alergi di rumah? Berikut beberapa tipsnya, dikutip dari Real Simple, Rabu (29/3/2023).

1. Pilih vacuum cleaner dengan hati-hati

Jenis vacuum cleaner yang Anda beli membuat perbedaan besar dalam pengurangan alergen. Pilih vacuum cleaner dengan filter HEPA partikel halus, atau gunakan kantong ganda untuk menjebak partikel sebanyak mungkin.

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Membersihkan Rumah yang Tidak Disadari

Ilustrasi vacuum cleaner robot. SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi vacuum cleaner robot.

Vacuum cleaner tanpa kantong juga merupakan pilihan yang baik. Jika penghindaran alergen adalah tujuan Anda, pertimbangkan vacuum cleaner robot yang menawarkan pembersihan terus menerus saat Anda tidak berada di kamar.

2. Lindungi diri saat membersihkan rumah

Saat membersihkan rumah, pilih masker sekali pakai atau yang bisa dicuci. Hindari sarung tangan lateks dan pilih sarung tangan karet berlapis kapas untuk mencegah iritasi kulit.

3. Cuci kain mikrofiber dan kain pel

Kain, terutama saat dibasahi, menarik debu lebih baik daripada kapas atau tisu dapur kertas, menjadikannya pilihan yang baik untuk membersihkan segala jenis permukaan.

Namun, akibatnya, kain mikrofiber harus dicuci bersih dengan air panas sesegera mungkin. Demikian pula, rencanakan untuk mencuci kain pel setelah digunakan.

Baca juga: Meski Viral, 6 Cara Membersihkan Rumah Ini Tidak Boleh Dicoba

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com