Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2023, 18:32 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah merupakan tempat berlindung dan beristirahat memulihkan diri dari rutinitas. Karena itu, memiliki suasana menenangkan dan nyaman di rumah adalah hal penting.

Rumah harus mendukung Anda dan gaya hidup. Rumah yang tidak nyaman dapat mempengaruhi suasana hati serta energi Anda sehingga memberi perasaan lelah dan mudah tersinggung. 

Dikutip dari Beauty Harmony Life, Sabtu (18/3/2023), berikut beberapa tips menciptakan suasana tenang di rumah.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Tempat Tidur ala Villa Bali yang Nyaman dan Menenangkan

Singkirkan kekacauan

Ilustrasi ruang keluarga.Shutterstock/ka_idris Ilustrasi ruang keluarga.
Kekacauan atau sesuatu yang berantakan di rumah dapat menciptakan ketidakseimbangan fisik dan pikiran.

Barang-barang yang tidak teratur membuat Anda kesulitan mencari apa yang dibutuhkan serta memicu stres. Luangkan waktu membereskan lemari pakaian yang berantakan atau memiliah-milah surat dan dokumen lama guna membantu melepas ketegangan.

Baca juga: 7 Benda yang Harus Disingkirkan dari Lemari Pakaian, Bikin Berantakan

Gunakan aroma

Aroma merupakan cara ampuh membangkitkan perasaan Anda. Jika masuk ke rumah atau ruangan tertentu dan mencium aroma tidak sedap, hal ini juga dapat mempengaruhi ketenangan rumah Anda.

Tambahkan aroma membangkitkan perasaan dan pengalaman menyenangkan di rumah seperti menggunakan lilin aromaterapi dan diffuser di beberapa ruangan seperti kamar tidur dan ruang tamu. Pilih minyak esensial dengan aroma favorit yang menenangkan. 

Baca juga: Kombinasi Minyak Esensial Terbaik untuk Relaksasi yang Menenangkan

Tanaman

Tanaman hias dan bunga dapat membawa suasan menenangkan dan kesegaran ke dalam rumah serta menambah warna pada skema dekorasi. 

Anda dapat menempatkan tanaman sukulen, seperti lidah mertua, di sekitar rumah untuk menambahkan warna, mempengaruhi suasana hati, dan menyerap racun di dalam ruangan. 

Kualitas tidur

Ilustrasi kamar tidur.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi kamar tidur.
Suasana ruangan yang berantakan dapat berdampak pada kualitas tidur yang buruk. Pastikan kamar tidur memiliki suasana kondusif untuk tidur dan beristirahat.

Selain itu, pastikan pula kasur dan selimut yang digunakan cukup nyaman. Pertimbangkan  berinvestasi pada kasur baru jika kasur yang lama membuat Anda mengalami sulit tidur.

Baca juga: 4 Tanda Kasur Perlu Diganti

Kamar tidur

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan paling intim di rumah. Idealnya, di ruangan ini, orang dapat merasa paling tenang dan rileks.

Maka itu, pertimbangkan menggunakan warna pastel yang cantik untuk kamar. Cobalah  menggabungkan warna-warna menenangkan untuk kamar tidur serta menambahkan karya seni, tanaman hias, dan pencahayaan dengan warna yang menciptakan suasana nyaman juga menenangkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com