Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Tata Letak Kamar Mandi yang Fungsional dan Menarik

Kompas.com - 15/03/2023, 18:52 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tata letak kamar mandi yang direncanakan dengan cermat adalah kunci untuk membuat desain kamar mandi tampak menarik, fungsional, dan tahan lama. 

Tak heran, saat merencanakan desain kamar mandi, menyusun tata letaknya terlebih dahulu sangatlah penting karena hal ini akan memungkinkan Anda memilih desain dan benda-benda yang sesuai dengan kebutuhan kamar mandi. 

Baca juga: Cara Membersihkan dan Mencegah Jamur di Kamar Mandi dan Dapur

Kamar mandi harus menjadi ruang yang terorganisir yang dapat membantu Anda merasa berenergi saat awal hari dan tenang padamalam hari.

Jadi, memilih tata letak yang menemukan keseimbangan sempurna antara fungsi dan relaksasi akan membuat perbedaan besar pada kenikmatan ruangan.

Namun, sebelum mulai mencari ide, periksa ukuran kamar mandi dan buatlah denahnya, lalu sertakan elemen-elemen yang akan mempengaruhi desain Anda, seperti posisi dan ketinggian jendela, dinding luar, drainase, dan bukaan pintu.

Kemudian, buatlah elemen-elemen utama di kamar mandi seperti bathtub atau bak mandi, bilik shower, kloset, serta tempat penyimpanan dasar.  

Dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (15/3/2023), berikut sejumlah ide tata letak kamar mandi yang fungsional dan menarik. 

Baca juga: Bisa Hambat Cuan, Ini 4 Lokasi Kamar Mandi Terburuk Menurut Feng Shui

Memanfaatkan cahaya alami secara maksimal

Ilustrasi kamar mandi.Shutterstock/3dottawa Ilustrasi kamar mandi.
Memiliki banyak cahaya alami di rumah tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga membuat ruangan terasa lebih menarik, santai dan fungsional.

Untuk ide tata letak kamar mandi, menempatkan benda-benda penting, seperti wastafel, bak mandi, atau cermin, di dekat jendela dapat membuat rutinitas di kamar mandi terasa lebih menyegarkan, membangkitkan semangat, serta membantu menghemat penggunaan lampu. 

Banjiri kamar mandi dengan cahaya alami dengan membuat jendela atau skylight

Baca juga: Kamar Mandi Menyatu dengan Dapur Bikin Harga Jual Rumah Turun, Kenapa?

Ciptakan ruangan di dalam ruangan

Ide tata letak kamar mandi saangat cocok untuk ukuran yang besar. Menciptakan sebuah ruang di dalam ruangan dapat menciptakan ruang kamar mandi yang indah serta terkotak-kotak.

Saat merencanakan tata letak kamar mandi, pisahkan ruang shower untuk menciptakan tata letak yang mewah seperti di tempat spa. 

Ruangan di dalam desain kamar mandi tidak hanya menampilkan koleksi bahan yang indah, tapi juga menciptakan area mandi yang mengundang dengan nuansa relaksasi serta ketenangan. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Mandi

Menetapkan titik fokus yang unik 

Saat merencanakan ide tata letak kamar mandi, Anda mungkin akan menemukan fitur-fitur tertentu atau tata letak ruangan yang tidak dapat diubah.

Sebagai solusi, Pemimpin Redaksi Homes & Gardens, Lucy Searle, menyarankan memanfaatkannya sebagai kesempatan untuk menciptakan titik fokus yang unik di ruangan tersebut. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com