Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakta Menarik Kucing Munchkin, Kaki Pendek dan Ras Kontroversial

Kompas.com - 08/02/2023, 12:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Munchkin menjadi salah satu ras kucing yang memiliki tampilan unik dan mudah dikenali.

Kucing Munchkin memiliki tampilan kaki kecil yang pendek dan badan membungkuk rendah. Sebagian orang menganggap tampilan kucing Munchkin ini mirip dengan anjing Dachshund dalam versi kucing.  

Baca juga: 6 Cara Memperkenalkan Anjing pada Kucing Baru

Tampilan ini membuat Munchkin terlihat lucu, menggemaskan, serta salah satu kucing terpendek di dunia.

Sama dengan ras kucing lainnya, Munchkin juga memiliki sejumlah keunikan tersendiri. Dilansir dari Mental Floss, Rabu (8/2/2023), berikut sejumlah fakta menarik kucing Munchkin yang perlu diketahui, 

Ras kucing Munchkin muncul dari mutasi genetik

Ilustrasi kucing Munchkin dengan warna bulu hitam putih.Shutterstock/MDavidova Ilustrasi kucing Munchkin dengan warna bulu hitam putih.
Seperti banyak jenis kucing yang tidak biasa, termasuk Cornish rex dan Manx, ras kucing Munchkin muncul dari mutasi genetik spontan.

Kaki pendek kucing Munchkin disebabkan gen dominan autosomal, yang menyebabkan tulang panjang di kakinya tumbuh lebih pendek.

Seekor kucing hanya membutuhkan satu salinan gen untuk mewarisi kaki pendek dan menurunkan sifat tersebut kepada anak-anaknya. 

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Akrab dan Bisa Dipelihara Bersama Kucing

Gen Munchkin kadang-kadang disebut sebagai gen "mematikan" karena embrio kucing Munchkin yang menerima salah satu gen ini dari masing-masing induk tidak akan bertahan hidup.

Itulah sebabnya para peternak tidak mengawinkan dua kucing Munchkin berkaki pendek secara bersamaan.

Kucing yang lahir dengan kaki panjang dapat membawa gen munchkin dan mereka sering dikawinkan satu sama lain atau dengan kucing Munchkin berkaki pendek untuk menghasilkan anak kucing yang sehat serta bertubuh gemuk.  

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Menyerang Anak Kucing

Munchkin Amerika pertama adalah kucing liar 

Sepanjang abad ke-20, berbagai orang mendokumentasikan penampakan kucing liar berkaki pendek di Britania Raya, Rusia, dan New England.

Namun, baru pada 1980-an, orang-orang secara resmi mulai membiakkan "kucing kanguru", yang oleh sebagian orang disebut kucing karena kaki depannya lebih pendek daripada kaki belakangnya.

Fakta menarik kucing Munchkin adalah dibiakkan pertama kali di Amerika Serikat. Kucing Munchkin Amerika modern adalah keturunan dari seekor kucing liar berkaki pendek yang sedang hamil.

Kucing ini diselamatkan di Rayville, Louisiana, Amerika Serikat, pada awal 1980-an oleh seorang guru musik bernama Sandra Hochenedel. 

Baca juga: 8 Ras Kucing Pemalas, dari Persia hingga Ragdoll

Ilustrasi kucing Munchkin. Shutterstock/MDavidova Ilustrasi kucing Munchkin.
Kucing yang diberi nama Blackberry oleh Hochenedel ini melahirkan anak-anak kucing yang tampak serupa. Hochenedel memberikan salah satu dari mereka kepada temannya, Kay LaFrance.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com