Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Area Favorit di Rumah untuk Kucing Tidur

Kompas.com - 06/02/2023, 15:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing dikenal sebagai hewan yang suka tidur atau meringkuk. Kucing rata-rata menghabiskan waktu 12-16 jam sehari untuk tidur.

Kucing juga suka mencari tempat menarik untuk meringkuk dan tidur seperti di ambang jendela yang cerah, bawah sofa, dan cucian kotor atau baru saja dicuci dan dikeringkan.  

Baca juga: 7 Alasan Kucing Tidur Telentang, dari Merasa Aman hingga Hamil

Ya, kucing tidur di mana saja, tetapi tidak semua kucing memiliki preferensi yang sama. Umumnya, kucing tertarik pada beberapa hal saat mencari tempat bersarang atau tidur seperti kehangatan, keamanan, juga kenyamanan.

Dilansir dari Cuteness, Senin (6/2/2023), umumnya kucing menyukai tidur di tempat agak tersembunyi, berada di ketinggian, dan tidak terlihat. Hal ini kemungkinan merupakan taktik keamanan yang diwarisi dari nenek moyang kucing di alam liar. 

Selain itu, sebagian besar kucing lebih suka tidur di permukaan empuk seperti tempat tidur manusia, tempat tidur kucing, selimut, dan sofa. 

Terakhir, kehangatan adalah faktor penting lainnya yang dipertimbangkan kucing saat memilih tempat untuk tidur, baik malam hari maupun siang.

Jendela yang cerah, penghangat ruangan, atau di dekat tubuh manusia yang hangat adalah tempat favorit kucing tidur serta istirahat.  

Baca juga: Bahaya Kucing Tidur di Kotak Pasir dan Cara Mengatasinya

Area favorit kucing tidur 

Ilustrasi kucing tidur.Shutterstock/beton studio Ilustrasi kucing tidur.
Karena sebagian besar kucing lebih menyukai tempat tinggi, tersembunyi, hangat, dan nyaman, ada beberapa tempat kucing biasanya ditemukan berkumpul selama waktu istirahat.

Kolong tempat tidur, dalam lemari, dan atas pohon kucing atau tempat tinggi lainnya sering kali menjadi tempat pertama yang dicari banyak orang ketika tidak dapat menemukan kucing peliharaan.

Jika kucing berbagi rumah dengan kucing lain, mereka mungkin memiliki tempat yang disukai untuk berpelukan bersama, yang kemungkinan besar adalah tempat tidur Anda atau tempat tidur kucing sendiri. 

Baca juga: Setop Mengajak Anak Kucing Tidur di Kasur Anda, Ini Alasannya

Faktanya, 34 persen kucing yang diteliti tidur di tempat tidur pemiliknya, sementara hanya 20 persen kucing tidur di tempat tidurnya sendiri.

Terkadang, Anda mungkin menemukan kucing tidur di tempat yang dianggap tidak nyaman atau masuk akal seperti kamar mandi, wastafel dapur, atau bak mandi.

Namun, semua ini adalah tempat yang umum digunakan kucing untuk meringkuk, terutama selama bulan-bulan suhu udara sedang hangat. Meski menjengkelkan, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. 

Baca juga: Alasan Kucing Tidur di Kepala Pemiliknya dan Cara Mencegahnya

Ilustrasi kucing tidur dengan selimut selama cuaca dingin.Shutterstock/beton studio Ilustrasi kucing tidur dengan selimut selama cuaca dingin.
Namun, saat menemukan kucing tidur di dalam kotak pasirnya bisa jadi menandakan sahabat bulu sedang tidak enak badan.

Terkadang, kucing yang mengalami infeksi saluran kemih atau ginjal akan tidur di dekat, bahkan di dalam kotak pasirnya. Jika melihat kucing peliharaan kesulitan buang air, segera konsultasikan dengan dokter hewan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com