Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kucing Tidur di Kepala Pemiliknya dan Cara Mencegahnya

Kompas.com - 24/07/2022, 15:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa pemilik kucing mungkin pernah dihampiri sahabat bulu saat berbaring di sofa atau tempat tidur, lalu tidur di dekat kepala Anda. 

Tentu hal ini mengudang tanya mengapa kucing memilih tidur di dekat kepala pemiliknya yang sedang berbaring?

Baca juga: Alasan Kucing Tidak Mengeluarkan Suara Saat Berjalan

Bahkan, beberapa kucing akan tidur di wajah pemiliknya sehingga membuat pemilik terkejut dan terbangun karena merasa sesak. Rupanya, perilaku kucing peliharaan ini bukan tanpa alasan. 

Dikutip dari Daily Paws, Minggu (24/7/2022), berikut alasan kucing tidur di dekat kepala pemiliknya serta cara mencegahnya. 

Tempatnya nyaman

Ilustrasi kucing.SHUTTERSTOCK / sergemi Ilustrasi kucing.

Amelia Wieber, konsultan perilaku kucing bersertifikat sekaligus pemilik Caring Behavior LLC, mengungkapkan ada dua alasan sederhana mengapa kucing tidur di kepala pemiliknya

Pertama, area di dekat kepala adalah tempat yang nyaman bagi kucing karena memberi kehangatan, sama dengan area yang disinari matahari atau area kosong di sebelah saudaranya.

Baca juga: 4 Ras Kucing Berbulu Pendek yang Senang Dimanja

Menurut Wieber, suhu tubuh yang dikeluarkan kepala manusia memberi kucing tempat yang nyaman untuk beristirahat.

Lebih lanjut, beberapa orang menggunakan selimut ketika tidur. Akibatnya, area yang tidak tertutup seperti kepala menjadi pilihan paling mudah untuk diakses sahabat bulu.

Untuk diketahui, suhu tubuh normal kucing adalah 38 derajat Celsius. Angka ini jauh lebih tinggi dari rata-rata suhu tubuh normal manusia, yaitu 36 derajat Celsius.

Selain itu, kucing memiliki reseptor panas yang lebih sedikit. Inilah mengapa kucing senang mengambil keuntungan dari sumber eksternal untuk mempertahankan suhu internal mereka yang hangat. Sumber eksternal tersebut adalah kepala pemiliknya yang sedang tidur. 

Baca juga: 4 Alasan Kucing Peliharaan Senang Tidur di Wastafel Kamar Mandi 

Menyayangi pemiliknya

Ilustrasi kucing, ilustrasi anjing.SHUTTERSTOCK / yykkaa Ilustrasi kucing, ilustrasi anjing.

Alasan kedus kucing tidur di kepala pemiliknya adalah menyayangi pemiliknya. Kucing senang mendekatkan tubuh ke pemiliknya ketika merasa sangat nyaman dengan pemiliknya.

“Menurut pengalaman saya, kucng yang merasa sangat dekat dengan pemiliknya akan memeluk kepala manusianya yang sedang tidur,” terang Wieber.

Weber mengatakan memiliki hubungan lebih dengan salah satu kucingnya, Moscow, daripada kucingnya yang lain. Setiap kali tengah berbaring, Moscow akan meringkuk di sekitar wajahnya dari waktu ke waktu. Namun, perilaku ini hanya terjadi ketika udara sedang dingin. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kucing Himalaya, Berbulu Lebat dan Sulit Lompat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com