Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2023, 12:33 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Yale Tools

JAKARTA, KOMPAS.com - Cooker hood atau pengisap asap adalah salah satu perlengkapan masak yang penting dimiliki dapur, terlebih bila dapur memiliki desain terlalu tertutup dan ventilasi yang kurang memadai. 

Cooker hood berfungsi menyedot atau menghilangkan asap, bau, dan udara panas dari masakan di dapur agar tidak menyebar ke berbagai ruangan di rumah. 

Baca juga: Berapa Ketinggian Cooker Hood yang Ideal dari Kompor?

Dengan demikian, membuat kegiatan memasak menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Ada berbagai jenis cooker hood di pasaran, dari ukuran, bentuk, hingga serangkaian fitur unik.

Bahkan, beberapa cooker hood mempunyai desain menarik dan modern yang dapat membuat dapur tampak mewah. Namun, sebelum membeli dan memasang cooker hood di dapur, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. 

Dilansir dari Yale Tools, Senin (6/2/2023), berikut cara memilih cooker hood dapur yang baik dan berkualitas.

Sesuaikan ukuran cooker hood dengan kompor

Ilustrasi rak terbuka di dapur, Ilustrasi dapur, Ilustrasi range hood atau pengisap asap dapur.Shutterstock/Monkey Business Images Ilustrasi rak terbuka di dapur, Ilustrasi dapur, Ilustrasi range hood atau pengisap asap dapur.

Sebelum memilih cooker hood, pikirkan terlebih dulu seberapa besar ukuran kompor di dapur. Jika memiliki kompor dengan dua tungku, pilihlah cooker hood berukuran kecil atau yang sesuai dengan ukuran kompor.

Ukuran cooker hood juga harus sesuai dengan ruang dapur. Jika dapur cukup luas, pilih cooker hood berukuran besar sehingga bisa menghirup udara kotor di dapur dengan lebih banyak kekuatan. 

Baca juga: Tips Memilih Cooker Hood agar Tidak Salah Beli

Tentukan model cooker hood

Ada berbagai model atau jenis cooker hood yang tersedia di pasaran. Setiap cooker hood memiliki bentuk dan desain yang dapat disesuaikan dengan selera pemilik dapur.

Namun, tidak semua model cooker hood dapat dipasang di semua dapur. Misalnya, model island hood yang harus dipasang di tengah-tengah dapur atau atas kompor yang berada di tengah. Selain itu, model island hood sangat cocok untuk dapur berukuran besar.

Ada juga model chimney hood yang harus dipasang dengan cara menempel pada dinding dapur. Model ini juga dilengkapi cerobong untuk pembuangan udara atau asap.

Sedangkan untuk dapur yang memiliki konsep modern, sebaiknya memilih cooker hood dengan model downdraft hood. Cooker hood ini memiliki kipas penghisap dan filter yang dapat menyerap asap dan udara dengan sangat baik. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Range Hood untuk Dapur

Perhatikan kemampuan penyedotan

tips memilih cooker hood, Ilustrasi range hood atau pengisap asap dapur.SHUTTERSTOCK/PAUL VINTEN tips memilih cooker hood, Ilustrasi range hood atau pengisap asap dapur.
Selanjutnya, cara memilih cooker hood dapur adalah memperhatikan kemampuan penyedotan. Tugas utama cooker hood adalah menyingkirkan asap dan udara kotor di dapur. Namun, setiap model cooker hood memiliki daya isap berbeda.

Spesifikasi cooker hood yang diberikan dalam meter kubik per jam menunjukkan seberapa baik cooker hood menarik udara.

Jika Anda sering memasak, sebaiknya memilih cooker hood dengan daya isap kuat. Sebaliknya, apabila tidak banyak memasak, pilih cooker hood dengan daya isap rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com