Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dibuang, Ini Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman dan Hilangkan Bau

Kompas.com - 25/01/2023, 15:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kali setelah mengonsumsi kopi, selalu meninggalkan ampas kopi yang sering kali dibuang secara percuma.

Padahal, ampas kopi memiliki ragam manfaat, di antaranya sebagai pupuk tanaman, pengendalian hama tanaman dengan menaburkannya di sekitar pangkal tanaman, serta menghilangkan bau tak sedap. 

Baca juga: Manfaatkan Ampas Kopi Bekas untuk Ragam Hal Ini

Dilansir dari The Kicthn, Rabu (25/1/2023), banyak pemilik kebun menambahkan ampas kopi ke tumpukan kompos yang terurai dan bercampur dengan bahan organik lainnya untuk menyuburkan tanah.

Tentu saja, hal ini bukan tanpa alasan. Bubuk kopi mengandung sekitar dua persen nitrogen yang menjadi komponen penting untuk menanam tanaman.

Tanah pengomposan memperkenalkan mikroorganisme yang memecah dan melepaskan nitrogen karena menaikkan suhu tumpukan serta membantu membunuh benih gulma dan patogen. 

Baca juga: Cara Memanfaatkan Ampas Kopi untuk Membuat Kompos dan Pupuk Tanaman

Selain itu, kopi yang diseduh juga mengandung magnesium dan potasium, yang juga merupakan bahan penyusun untuk pertumbuhan tanaman.

Karena itu, tampaknya logis menyiram tanaman dengan kopi dapat memberikan manfaat. Namun, hindari menyiram kopi yang masih panas dan memiliki kandungan gula karena dapat mengundang hama muncul pada tanaman seperti semut.  

Baca juga: Trik Menghilangkan Bau pada Kulkas dengan Ampas Kopi

Ampas kopi untuk menghilangkan bau 

Kopi mengandung nitrogen yang dapat menetralkan bau. Untuk memanfaatkan kekuatan ini dengan baik, sebarkan ampas kopi basah di atas loyang hingga kering.

Setelah kering, masukkan ampas kopi ke wadah terbuka atau berpenutup yang memiliki lubang kecil di bagian atas untuk mencegah tumpahan bubuk kopi yang tidak disengaja. 

Selanjutnya, masukkan ampas kopi ke kulkas yang berbau. Ampas kopi akan membantu menyerap bau yang kuat di dalam kulkas dan memberi kesegaran. 

Baca juga: 5 Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman Hias

Ganti wadah setiap beberapa minggu atau kapan pun mencium bau baru yang muncul dalam kulkas. 

Selain bau pada kulkas, ampas kopi juga bisa menghilangkan bau bawang dan ikan yang menempel pada telapak tangan.

Ambil ampas kopi, lalu gosokkan pada telapak tangan. Untuk mencegah ampas kopi mengalir ke saluran pembuangan, buang ke tempat sampah, bukan wastafel. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com