Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencuci Pakaian saat Musim Hujan agar Cepat Kering dan Tak Bau

Kompas.com - 12/01/2023, 07:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan bisa menyebabkan frustrasi saat mencuci pakaian. Sebab, pakaian bisa bau maupun tidak cepat kering.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika mencuci pakaian saat musim untuk mencegah pakaian bau dan lambat mengeringnya.

Dikutip dari Home and Decor Singapore, Kamis (12/1/2023), berikut beberapa tips mencuci pakaian saat musim hujan agar cepat kering dan tidak bau.

Baca juga: Kenapa Pakaian Berjamur? Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi baking soda dan cuka. Kedua bumbu dapur ini banyak digunakan sebagai produk pembersih alami. SHUTTERSTOCK/JPC-PROD Ilustrasi baking soda dan cuka. Kedua bumbu dapur ini banyak digunakan sebagai produk pembersih alami.

1. Gunakan soda kue sebagai pewangi alami

Soda kue atau baking soda menambah kekuatan ekstra pada cucian karena alkalinitasnya yang ringan. Ini dapat membantu menghilangkan bau apak dan memastikan pakaian benar-benar bersih.

Selain itu, soda kue juga dapat membantu membersihkan mesin cuci.

Tambahkan setengah cangkir soda kue ke cucian jika Anda memiliki mesin cuci bukaan atas dan seperempat cangkir jika Anda memiliki mesin cuci bukaan depan.

Cara lainnya, Anda bisa merendam pakaian terlebih dahulu dalam larutan soda kue sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, jika pakaian benar-benar berbau.

Baca juga: Simak, Ini 4 Cara Merapikan Lemari Pakaian

2. Pastikan kapasitas jemuran

Hari hujan membatasi jumlah ruang yang dapat kita gunakan untuk menjemur pakaian. Jadi, rencanakan mencuci pakaian dalam jumlah sedikit untuk memastikan jemuran tidak terlalu penuh.

Lebih efisien dan lebih ramah terhadap lingkungan, mencuci pakaian lebih sedikit tapi sering lebih baik daripada mencuci pakaian dalam jumlah banyak tapi akhirnya pakaian bau, sehingga harus mengulang siklus pencucian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com