Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mencuci Pakaian saat Musim Hujan agar Cepat Kering dan Tak Bau

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan bisa menyebabkan frustrasi saat mencuci pakaian. Sebab, pakaian bisa bau maupun tidak cepat kering.

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan ketika mencuci pakaian saat musim untuk mencegah pakaian bau dan lambat mengeringnya.

Dikutip dari Home and Decor Singapore, Kamis (12/1/2023), berikut beberapa tips mencuci pakaian saat musim hujan agar cepat kering dan tidak bau.

1. Gunakan soda kue sebagai pewangi alami

Soda kue atau baking soda menambah kekuatan ekstra pada cucian karena alkalinitasnya yang ringan. Ini dapat membantu menghilangkan bau apak dan memastikan pakaian benar-benar bersih.

Selain itu, soda kue juga dapat membantu membersihkan mesin cuci.

Tambahkan setengah cangkir soda kue ke cucian jika Anda memiliki mesin cuci bukaan atas dan seperempat cangkir jika Anda memiliki mesin cuci bukaan depan.

Cara lainnya, Anda bisa merendam pakaian terlebih dahulu dalam larutan soda kue sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, jika pakaian benar-benar berbau.

2. Pastikan kapasitas jemuran

Hari hujan membatasi jumlah ruang yang dapat kita gunakan untuk menjemur pakaian. Jadi, rencanakan mencuci pakaian dalam jumlah sedikit untuk memastikan jemuran tidak terlalu penuh.

Lebih efisien dan lebih ramah terhadap lingkungan, mencuci pakaian lebih sedikit tapi sering lebih baik daripada mencuci pakaian dalam jumlah banyak tapi akhirnya pakaian bau, sehingga harus mengulang siklus pencucian.

3. Pastikan pakaian dipisahkan dengan benar di pengering

Keterikatan statis adalah alasan nomor satu penggunaan pengering yang tidak efisien. Ini menyebabkan pakaian saling menempel, sehingga udara panas tidak mencapai area tersebut.

Cegah kondisi ini dengan menambahkan lembar pengering alias dryer sheet ke cucian dan pastikan Anda tidak mengeringkan barang yang terlalu besar bersama dengan pakaian, seperti seprai atau selimut misalnya.

Kedua bahan ini cenderung membungkus pakaian, yang menimbulkan kelembapan.

Jika tidak ada dryer sheet, buat sendiri dengan menyemprotkan sedikit kain kering yang bersih dengan cuka putih, dan masukkan ke dalam beban. Bau akan hilang saat pakaian sudah kering.

Sebagai alternatif, Anda dapat menjeda pengering setiap 15 menit, sehingga Anda dapat memastikannya tidak saling menempel.

4. Maksimalkan aliran udara di area jemur pakaian

Pastikan ruang cuci dan area lain yang Anda gunakan untuk menjemur pakaian memiliki ventilasi yang benar, dan nyalakan kipas angin jika perlu. Dehumidifer juga merupakan cara yang bagus untuk menyedot kelembapan dari udara.

Letakkan garam batu dalam mangkuk di sekitar area jemur pakaian untuk metode dehumidifer alami, atau gunakan soda kue.

5. Bersihkan mesin cuci dan pengering

Terkadang, bau bisa jadi akibat mesin cuci dan/atau pengering tidak bekerja secara efisien. Pastikan mesin cuci sangat bersih dengan membersihkan dispenser deterjen, menyeka gasket pintu, dan membersihkan tabung mesin cuci.

Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan dua cangkir cuka putih ke dispenser dan menjalankan mesin melalui siklus penuh pada suhu yang paling panas. Setelah itu, bersihkan bagian dalam dengan kain kering.

Demikian juga untuk pengering. Pastikan Anda membuang serat dari perangkap serat secara teratur.

Anda juga dapat menyedot bagian dalam pengering, serta bukaan yang terhubung ke selang ventilasi, untuk menghilangkan kotoran yang terperangkap.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/12/071500776/tips-mencuci-pakaian-saat-musim-hujan-agar-cepat-kering-dan-tak-bau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke